Show simple item record

dc.contributor.authorVEBIANTI, Fina Mifta
dc.date.accessioned2022-08-08T03:35:21Z
dc.date.available2022-08-08T03:35:21Z
dc.date.issued2022-02-23
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108722
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 8 Agustus 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractBerdasarkan pengalaman mengajar peneliti menemukan bahwa sebagian dari siswa masih mengalami kesulitan dalam hal memahami konsep serta pengalikasiannya dalam soal sehingga siswa hanya dapat mengerjakan permasalahan yang sama dengan contoh yang diberikan. Bahkan dalam soal yang berkaitan dengan pemecahan masalah, kebanyakan siswa masih terlihat kebingungan bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan dan cara penyelesaiannya. Melalui aplikasi PAMER UN diperoleh dari data Litbang Kemendikbud yang memperlihatkan bahwa data siswa di SMP Negeri 1 Jember pada materi geometri dan pengukuran serta pada indikator menafsirkan luas gabungan bangun datar masih tergolong rendah. Untuk untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat memecahkan pemasalahan menggunakan konsep matematika dengan runtut dan rinci yaitu dengan menggunakan teori APOS. Teori APOS dapat digunakan sebagai suatu alat analisis untuk mendeskripsikan bagaimana pengetahuan geometri terbentuk dalam diri seseorang dan dapat digunakan untuk melihat apakah suatu pemahaman siswa terhadap konsep matematika telah sampai pada tahap tertentu atau belum. Dalam memecahkan suatu permasalahan geometri setiap siswa memiliki cara penyelesaian yang berbeda-beda. Hal ini karena setiap individu memiliki karakteristik yang tidak dimiliki oleh individu lain atau biasa disebut gaya kognitif. Berdasarkan perbedaan psikologis siswa dalam menghadapi situasi lingkungannya, gaya kognitif dibedakan atas gaya kognitif Field Dependent (FD) dan gaya kognitif Field Independent (FI).Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah geometri siswa materi luas gabungan bangun datar berdasarkan teori APOS ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Pengambilan data penelitian dilakukan pada tanggal 24 dan 25 Februari 2022 pada kelas IXD SMP Negeri 1 Jember. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes GEFT, soal pemecahan masalah geometri, dan pedoman wawancara yang telah diuji kevalidannya. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Jember dengan jumlah 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa memiliki gaya kognitif field dependent (FD) dan 2 siswa memiliki gaya kognitif field independent (FI). Pengambilan data dibagi menjadi 2 kali pertemuan, yaitu dilakukan tes GEFT dan kemampuan pemecahan masalah kemudian dilakukan wawancara. Berdasarkan analisis tes pemecahan masalah dan wawancara yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah geometri cenderung terikat atau terpaku dengan langkah-langkah yang tersusun secara lengkap dan rinci serta mampu melalui tahap aksi dan skema, namun masih terdapat kesalahan-kesalahan yang dilakukan pada tahap proses karena tidak mampu memodelkan permasalahan dalam bentuk model matematika dengan benar, serta tahap objek siswa tidak mampu menyelesaikan permasalahan dengan langkah-langkah dan solusi yang benar. Siswa dengan gaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah geometri cenderung bebas atau tidak terpaku dengan langkah-langkah yang tersusun secara lengkap dan rinci, dan memiliki sifat analitis, sehingga sanggup memilah informasi-informasi penting yang terdapat pada soal, serta mampu melalui seluruh tahapan pada teori APOS, yang meliputi tahap aksi, proses, objek, dan skema dengan baik dan benar.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Prof. Dr. Sunardi, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Dr. Abi Suwito, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectTEORI APOSen_US
dc.subjectKOGNITIF FIELD DEPENDENTen_US
dc.subjectFIELD INDEPENDENTen_US
dc.subjectMASALAH GEOMETRIen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Jember Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independenten_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record