• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI PADA SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (211.9Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Ismawaroh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terbimbing berorientasi pada Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap keaktifan dan hasil belajar kognitif biologi siswa. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan secara kuasi eksperimen pada kelas VII SMP Negeri 7 Jember . Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran keaktifan belajar, tes hasil belajar kognitif biologi siswa, observasi mengajar, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru dan angket terhadap siswa. Data hasil belajar kognitif yang telah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas dan data hasil penelitian (hasil belajar kognitif dan keaktifan belajar siswa) dengan analisis varian (ANOVA). Analisis keaktifan belajar siswa terdiri atas keaktifan dalam memperhatikan penjelasan guru, keaktifan dalam pengamatan di lingkungan, keaktifan dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi kelompok, keaktifan mencatat hasil penyelesaian masalah LKS dan cara bekerjasama dengan anggota kelompok. Hasil analisis keaktifan terdapat perbedaan antara kelas uji dan kelas kontrol, pada kelas uji nilai keaktifan belajar sebesar 81.83 % (termasuk kategori sangat aktif). Sedangkan hasil keaktifan pada kelas kontrol sebesar 59.91%. (termasuk dalam kategori cukup aktif). Berdasarkan hasil analisis data terhadap nilai keaktifan belajar siswa diketahui bahwa sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dengan asumsi perlakuan memberikan pengaruh sangat signifikan terhadap keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data terhadap nilai posttest siswa yang dapat diketahui bahwa besarnya F hitung antar kelompok adalah 13,365 dengan probabilitas 0,000 (< 0,05) . Penolakan H0 menunjukkan perlakuan (metode inkuiri terbimbing berorientasi terhadap Sains Teknologi Masyarakat) memberikan pengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10870
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository