dc.description.abstract | Pendidikan merupakan hal yang sangat penting karena suatu negara dapat
mengalami kemajuan apabila penduduknya berpendidikan semua. Pendidikan
akan mengalami kemajuan apabila semua komponen pendukungnya berperan.
Adapun komponen yang mendukung majunya pendidikan adalah siswa yang aktif,
sarana dan prasarananya memadai, serta guru yang profesi onal. Keberadaan guru
amatlah penting dalam dunia pendidikan, terlebih saat ini pendidikan berada pada
saat teknologi yang semakin canggih dengan segala perubahannya
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh motivasi, iklim
organisasi, dan kepuasan terhadap kinerja guru SMA Negeri di wilayah kota
Jember. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari responden
yaitu guru SMA Negeri 1,2,3,4,5 yang berstatus PNS dan NON PNS serta Kepala
Sekolah dari SMA yang bersangkutan.
Metode penelitian menggunakan path analysis yang mendasarkan pada
analisis regresi linier berganda dengan variabel bebas motivasi dan iklim
organisasi, variabel antara kepuasan dan variabel terikat kinerja. Pengambilan
sampel pada penelitian ini melalui dua tahap yaitu proportional sampling dan
simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 178 guru
terdiri dari 152 guru PNS dan 26 guru NON PNS.
Hasil dari analisis regresi linier berganda variabel bebas terhadap kinerja
menunjukkan konstanta bernilai positif maksudnya ada pengaruh positif variabel variabel
yang diuji terhadap kinerja. Apabila motivasi
1
2
yang diuji terhadap kepuasan. Apabila motivasi
1
Dalam penelitian ini dengan menggunakan uji t pada taraf kesalahan 5 %
diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
Dari kesimpulan tersebut berarti kinerja guru itu akan meningkat apabila
guru diberi motivasi dan iklim organisasi yang ada di lingkungan sekolah yang
dapat memberi kepuasan kepada guru tersebut. Dengan kata lain motivasi dan
iklim organisasi berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja atau motivasi
dan iklim organisasi berpengaruh terhadap kinerja dengan melalui kepuasan. | en_US |