IMPLEMENTASI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) CABANG NGANJUK
Abstract
PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Nganjuk merupakan salah
satu bank pemerintah yang ada di Kabupaten Nganjuk dengan bisnis produk dan
jasa perbankan. Banyaknya bank-bank asing yang masuk menjadikan ketatnya
persaingan dalam bisnis perbankan. Meningkatnya persaingan dalam bisnis
perbankan menutut setiap bank untuk selalu berusahan memperhatikan kebutuhan
dan keinginan nasabah. Oleh karena itu, dibutuhkan Marketing Public Relations
yang baik dan benar untuk mempertahankan citra perusahaan, baik dalam internal
perusahaan maupun eksternal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan mendiskripsikan implementasi Marketing Public Relations dalam
mempertahankan citra perusahaan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero)
Cabang Nganjuk. Penelitian ini dilakukan dilakukan di PT. Bank Rakyat
Indonesia (Persero) Cabang Nganjuk dengan metode penelitian deskriptif
kualitatif mengenai Marketing Public Relations dalam mempertahankan citra
perusahaan. Kesimpulan penelitian ini diambil secara indukktif, yakni berangkat
dari hal-hal khusus kemudian mengacu pada hal-hal yang bersifat umum.
Deskripsi penelitian ini menjelaskan tentang implementasi Marketing Public
Relations pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Nganjuk untuk dapat
digunakan dalam mempertahankan citra perusahaan di Kabupaten Nganjuk.
penelitian ini menggunakan analisis domain dan taksonomi. Kemuadian
keabsahannya melalui teknik ketekunan pengamatan, trianggulasi dan
mendiskusikan hasil sementara atau hasil akhir dengan orang-orang yang
memiliki kompetensi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi dari Marketing
Public Relations dalam mempertahankan citra perusahaan berjalan dengan baik.
Implementasi Marketing Public Relations yang digunakan meliputi Building Corporate Identity dan Facing Crisis serta program-program yang dilakukan
untuk mendukungnya, seperti menjadi sponsorship dalam kegiatan besar di
Kabupaten Nganjuk. Building Corporate Identity dilakukan untuk mendukung
kegiatan komunikasi timbal balik dua arah dengan internal perusahaan melalui
customer service dan external perusahaan melalui loan service atau pelaksana
serta menciptakan identitas dan citra perusahaan yang positif melaui marketing,
publicity, mengadakan event, sponsorship. Facing Crisis dilakukan dengan
menangani keluhan-keluhan dari nasabah terhadap produk dan jasa yang dimiliki
perusahaan, yaitu dengan cara Business Gathering. Program-program yang
dilakukan dalam mendukung Marketing Public Relations pada PT. Bank Rakyat
Indonesia (Persero) Cabang Nganjuk yaitu melalui memperkenalkan produk baru,
mengkomunikasikan keuntungan-keuntungan produk lama, mempromosikan caracara
pemasaran baru atas produk yang sudah dikenal, melibatkan/menggerakkan
masyarakat terhadap produk kita dan menjelaskan producn story dengan lebih
detail. Marketing Public Relations salah satunya dilakukan dengan cara “Business
Gathering” yaitu mengadakan pertemuan-pertemuan dengan nasabah.