• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA GAMBAR DI SDN TAMANAN 03 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Mita Nugraeni Hidayati_1.pdf (130.5Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Mita Nugraeni Hidayati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tamanan 03 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan sumber daya alam masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional dan penggunaan alat peraga/ media jarang sekali digunakan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah pembelajaran kooperatif model examples non examples dengan media gambar. Rumusan masalah yang muncul adalah “Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif model examples non examples dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam di SDN Tamanan 03 Bondowoso Tahun pelajaran 2011/2012?” Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tamanan 03 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012 melalui pembelajaran kooperatif model examples non examples dengan media gambar. Pengambilan data dilaksanakan di SDN Tamanan 03 Bondowoso, dimulai pada tanggal 09 Januari 2012 sampai 18 Januari 2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tamanan 03 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 35 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Jenis penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa dalam pra siklus, tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif model examples non examples dengan media gambar, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan. Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPS melalui pembelajaran kooperatif model examples non examples dengan media gambar menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 65,90%, dan pada siklus II mencapai 76,00%, persentase tersebut termasuk dalam kategori aktif. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 10,10% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil jawaban siswa pada saat pra siklus, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 28,57%, setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan belajar siswa menjadi 60,00%, dan dalam siklus II meningkat menjadi 77,15%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar sebesar 48,58% dari pra siklus ke siklus II dan 17,15% dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif model examples non examples dengan media gambar dalam pembelajran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan kegiatan ekonomi meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tamanan 03 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012. Saran yang dapat diberikan adalah hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai motivasi untuk melakukan penelitian sejenis sekaligus pengembangannya, selain itu diharapkan guru dan pihak sekolah dapat terus menerapkan pembelajaran kooperatif model examples non examples sebagai sumbangan pemikiran demi meningkatkan mutu pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10860
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository