• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOMATIS AUDIOTORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) DI SDN PETUNG 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Mastuti W. Wahyuni_1.pdf (159.8Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    MASTUTI WIDHI WAHYUNI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembelajaran IPS di kelas IV di SDN Petung 02 Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 masih bersifat konvensional. Akibatnya proses belajar mengajar menjadi tidak kondusif, sehingga aktivitas dan hasil belajar yang dicapai oleh siswa rendah yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; rendahnya minat dan ketertarikan siswa pada pelajaran IPS, kondisi kelas pasif, metode pembelajaran yang digunakan monoton, dan kurangnya penggunaan media ajar. Salah satu inovasi baru untuk memperbaiki hal tersebut yaitu dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat disesuaikan dengan kondisi kelas melalui penerapan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI), sehingga rumusan masalah yang muncul adalah Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPS Pokok Bahasan Koperasi dan Kesejahteraan Masyarakat dengan menggunakan pendekatan SAVI di SD Negeri Petung 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012? Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Petung 02 Jember tahun pelajaran 2011/2012 melalui penerapan pendekatan pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI). Pengambilan data dilaksanakan di SDN Petung 02 Jember, dimulai pada hari Senin, tanggal 12 September 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Petung 02 Jember tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 35 siswa, terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa dalam pra siklus, tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI), serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan. Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPS saat penerapan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelktual (SAVI) menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 58,95%, dan pada siklus II mencapai 72,37%, persentase tersebut termasuk dalam kategori aktif. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13,42% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil jawaban siswa pada saat pra siklus, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 45,71%, setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan belajar siswa menjadi 71,43%, dan dalam siklus II meningkat menjadi 88,53%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 17,14% . Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Petung 02 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Saran yang dapat diberikan adalah hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai motivasi untuk melakukan penelitian sejenis sekaligus pengembangannya, selain itu diharapkan guru dan pihak sekolah dapat terus menerapkan pendekatan SAVI sebagai sumbangan pemikiran demi meningkatkan mutu pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10856
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository