Show simple item record

dc.contributor.authorHIDAYAH, Tanti Lutfiatul
dc.date.accessioned2022-07-19T07:11:56Z
dc.date.available2022-07-19T07:11:56Z
dc.date.issued2022-05-13
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108550
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tanggal 19 Juli 2022en_US
dc.description.abstractIlmu Pengetahuan Alam (IPA) ialah ilmu yang meninjau mengenai kejadian-kejadian alam, terdiri dari komponen biotik dan abiotik atau pengetahuan mengenai kehidupan dan dunia fisik. Berbagai keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat dikembangkan dalam pembelajaran IPA, diantaranya adalah keterampilan bernalar. Salah satu keterampilan bernalar adalah argumentasi ilmiah. Argumentasi ilmiah memberikan banyak manfat bagi siswa namun faktanya kemampuan siswa masih tergolong rendah. Siswa mengalami beberapa kesulitan dalam argumentasi ilmiah. Siswa sulit untuk memahami mengenai tujuan dari argumentasi, menggunakan bukti sebagai dukungan terhadap klaim yang ditentukan, serta melakukan penalaran dan sanggahan. Model Inkuiri Terbimbing ialah salah satu model yang dapat melatih kemampuan argumentasi ilmiah. Model inkuiri terbimbing dapat membimbing siswa untuk mengembangkan pengetahuan yang dimiliki mereka melalui kegiatan penyelidikan dengan bimbingan guru. Laboratorium virtual menjadi salah satu alternatif untuk tetap melaksanakan eksperimen secara online sehingga kreatifitas peserta didik akan tetap dikembangkan. PhET ialah salah satu laboratorium virtual yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Siswa dituntut untuk dapat mengklaim, membuktikan dengan data, memberikan jutifikasi/ dukungan, melakukan kualifikasi dan memberikan sanggahan. Kemampuan peserta didik dalam mengajukan claim atau ide berdasarkan pengetahuan awal siswa dapat dilatih dengan kegiatan merumuskan hipotesis. Kemampuan peserta didik untuk mengumpulkan bukti (evidence) dapat dilatih dengan kegiatan eksperimen atau penyelidikan di laboratorium. Kegiatan menganalisis data pada proses eksperimen dapat melatih peserta didik untuk membangun pembenaran (reasoning) guna memperkuat claim yang ditentukan. DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER viii Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Inkuiri Terbimbing menggunakan laboratorium virtual PhET berpengaruh secara signifikan terhadap argumentasi ilmiah siswa SMP. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuasi eksperimen. Tempat pelaksanaan penelitian di SMP Negeri 11 Jember. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX F dan IX E. Desain penelitian yang digunakan adalah Post-test Only Control Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa soal posttest yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran. Metode analisis penialaian kemampuan argumentasi ilmiah menggunakan uji normalitas dan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 23. Data yang diperoleh adalah nilai rata- rata kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Nilai rata-rata keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas eksperimen sebesar 76,72, sedangkan nilai rata-rata keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas kontrol sebesar 59,85. Hasil dari analisis menggunakan uji normalitas diperoleh nilai signifikasi Sign. (2-tailed) pada tabel yaitu 0,152 sehingga data dapat dikatakan terdistribusi normal. Hasil uji Indepensent Sample t-Test nilai signifikasi Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga 0,000 < 0,05. H0 ditolak yang artinya nilai rata- rata argumentasi ilmiah siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak sama, dan Ha diterima yang artinya nilai rata- rata argumentasi ilmiah siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu model pembelajan inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium virtual berpengaruh signifikan terhadap argumentasi ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Supeno, S.Pd., M.Si. Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectInkuiri Terbimbingen_US
dc.subjectLaboratorium Virtualen_US
dc.subjectArgumentasi Ilmiahen_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.titlePengaruh Model Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran IPA terhadap Argumentasi Ilmiah Siswa SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record