Show simple item record

dc.contributor.authorANTIKA, Indah Ayu
dc.date.accessioned2022-07-19T07:09:44Z
dc.date.available2022-07-19T07:09:44Z
dc.date.issued2022-02-10
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108549
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tanggal 19 Juli 2022en_US
dc.description.abstractPegaruh Model Problem-Based Learning Disertai LKPD Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA Terhadap Scientific Reasoning Skill Siswa SMP; Indah Ayu Antika; 180210104054; 2022; 41 halaman; Program Studi Pendidikan IPA; jurusan MIPA; Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan; Universitas Jember. Sains dan teknologi menjadi fundamental yang krusial bagi kemajuan suatu bangsa pada abad 21. Sains adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena alam berupa fakta, konsep dan hukum yang kebenarannya teruji melalui serangkaian proses pembelajaran. Pembelajaran IPA harus didesain dan aplikasikan dengan tujuan berkembangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi agar siswa memiliki ketrampilan untuk bersaing di masa mendatang. Pembelajaran IPA abad 21 diharapkan mampu memanifestasikan sumber daya manusia yang mengusai berbagai bentuk keterampilan di abad 21. Kemampuan penalaran ilmiah (scientific reasoning skill) merupakan salah satu kemampuan berpikir yang menjadi tuntutan pada abad 21. Kemampuan tersebut diharapkan dapat diajarkan di kelas IPA, sebagai persiapan untuk siswa dalam menghadap tantangan global. Aspek scientific reasoning meliputi : (1) penalaran konservasi (2) penalaran proporsional, (3). Pengontrolan variabel, (4) penalaran probabilistik, (5) penalaran korelatif, dan (6) penalaran hipotesis- deduktif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengkaji pengaruh pembelajaran dengan Model Problem-Based Learning disertai LKPD Berbasis Multirepresentasi terhadap kemampuan scientific reasoning skill siswa, dan (2) untuk mengkaji peningkatan scientific reasoning skill siswa setelah pembelajaran menggunakan Model Problem-Based Learning disertai LKPD Berbasis Mutirepresentasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen dan rancangan penelitian nonequivalent pre-test and post-test control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 7 Jember pada semester gasal Tahun ajaran 2021/2022. bulan Oktorber-November secara tatap muka. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh sisa kelas VII, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII I sebagai kelas kontrol dengan kegiatan pembelajaran sesuai dengan sekolah dan kelas VII J sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan model problem-based learning disertai LKPD berbasis multirepresentasi. Teknik pengumpulan data scientific reasoning skill adalah dengan menggunakan tes dan terdapat teknik pendukung berupa dokumetasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data pada tujuan penelitian pertama menggunakan uji Independent Sample t-test menggunakan software SPSS dan pada tujuan penelitian kedua menggunakan perhitungan uji N-gain dengan rumus N-gain. Hasil analisis data untuk uji normalitas diperoleh data pre-test dan post-test terdistribusi normal untuk kedua kelompok kelas sehingga dapat dilanjutkan uji Independent Sample t-test untuk tujuan penelitian pertama dan uji N-gain untuk tujuan penelitian kedua karena prasayarat kedua uji terpenuhi. Berdasarkan hasil analisis data untuk uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,016 dengan 0,016 < 0,05 sehingga H0 dan Ha diteima. Artinya penerapan model problem-based learning disertai LKPD berbasis multirpresentasi berpengaruh signifikan terhadap scientific reasoning skill siswa. Hasil analisis data untuk peningkatan yang diuji menggunakan N-gain diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,51 pada kelas eksperimen, dimana nilai tersebut tergolong dalam kategori peningkatan sedang. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,34, dimana nilai tesebut juga tergolong dalam kategori sedang. Berdasarkan uraian hasil analisis data dan pembahasan maka kesimpulan yang diperoleh (1) pembelajaran IPA menggunakan model problem-based learning disertai LKPD berbasis multirepresentasi berperngaruh signifikan terhadap scientific reasoning skill siswa SMP. (2) pembelajaran IPA menggunakan model problem based learning disertai LKPD berbasis multirepresentasi dapat meningkatkan scientific reasoning skill siswa SMP.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Supeno, S.Pd., M.Si. Dosen Pembimbing Anggota : Diah Wahyuni, S.Pd., M.Sc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPROBLEM-BASED LEARNINGen_US
dc.subjectLKPD BERBASIS MULTIREPRESENTASIen_US
dc.subjectSCIENTIFIC REASONING SKILLen_US
dc.titlePengaruh Model Problem-Based Learning disertai LKPD Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA Terhadap Scientific Reasoning Skill Siswa SMPen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record