dc.contributor.author | ADINIA, Rosyida | |
dc.date.accessioned | 2022-07-19T04:25:27Z | |
dc.date.available | 2022-07-19T04:25:27Z | |
dc.date.issued | 2022-06-27 | |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108539 | |
dc.description.abstract | Keterampilan pemecahan masalah siswa Indonesia masih rendah, hal ini dibuktikan pada hasil PISA, keterampilan pemecahan masalah siswa Indonesia berada di peringkat 62 dari 70 negara peserta. Penguasaan konsep membantu melatih keterampilan pemecahan masalah dan penguasaan konsep biologi siswa terutama pada pembelajaran biologi. Hal ini perlu peningkatan pada keterampilan pemecahan masalah dan penguasaan konsep biologi dengan LKPD Problem Solving. LKPD Problem Solving bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah maupun penguasaan konsep. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji pembelajaran aktif berbantuan LKPD Problem Solving efektif meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan mengkaji pembelajaran aktif berbantuan LKPD Problem Solving efektif meningkatkan penguasaan konsep biologi. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Mengetahui tingkat kemampuan siswa terhadap mata pelajaran biologi sebelumnya di uji normalitas One Sampel Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas Levene`s Test. Desain penelitian yang digunakan yaitu Control Group Pretest Posttest . Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Metode analisis data keterampilan pemecahan masalah yaitu dengan uji normalitas One Sampel Kolmogorov-Smirnov dan dilanjutkan uji Mann Whitney U. Metode analisis data penguasaan konsep biologi dengan uji normalitas One Sampel Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas Levene`s Test dan Uji Independent Sample T-Test dengan aplikasi SPSS 22 for windows. Berdasarkan data diperoleh tujuan penelitian yang pertama yaitu ada pengaruh model pembelajaran aktif berbantuan LKPD Problem Solving efektif meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Berdasarkan data diperoleh untuk tujuan penelitian kedua ada pengaruh model pembelajaran aktif berbantuan LKPD Problem Solving efektif meningkatkan penguasaan konsep biologi siswa dengan nilai gain sebesar 0,62 atau sebesar 62% dengan kategori sedang dan mendapatkan hasil nilai signifikansi yaitu 0,000 (p<0,05). | en_US |
dc.description.sponsorship | Prof. Dr. Suratno, M.Si.
Mochammad Iqbal, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Aktif | en_US |
dc.subject | Keterampilan Pemecahan Masalah | en_US |
dc.subject | Penguasaan Konsep Biologi | en_US |
dc.subject | LKPD Problem Solving | en_US |
dc.title | Efektivitas Pembelajaran Aktif Berbantuan LKPD Problem Solving Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA Di Sekolah Kawasan Perkebunan Kopi | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |