• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN IPS MATERI SEMANGAT KEPAHLAWANAN DAN CINTA TANAH AIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS SATISFACTION

    Thumbnail
    View/Open
    Mai Sarofa_1.pdf (248.7Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    MAI SAROFA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa SDN Mumbulsari 01 masih rendah. Faktor penghambat siswa untuk memahami soal dan materi yang diberikan guru adalah metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan aktivitas guru paling banyak mendominasi dalam proses pembelajaran. Akibatnya siswa menjadi pasif sehingga siswa malas belajar yang menyebabkan hasil belajarnya rendah. Berdasarkan hasil tes pendahuluan pada observasi awal dengan ketuntasan belajar se cara klasikal sebesar 25% sedangkan rata-rata kelas hanya mencapai 60,6 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan Model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Mumbulsari 01 Jember. Peningkatan motivasi dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh setelah diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS, motivasi belajar siswa meningkat pada siklus I dengan skor rata-rata 2,2 dengan kriteris sedang dan pada siklus II skor rata-rata motivasi siswa semakin meningkat menjadi 2,54 dengan kriteria tinggi . Berdasarkan hasil tersebut, dengan diterapkannya model pembelajaran ARIAS motivasi belajar siswa dapat meningkat dari kriteria sedang meningkat menjadi tinggi. Hasil belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 25% yang menunjukkan kurang dari SKM yang telah ditentukan. Setelah diterapkan model pembelajara ARIAS, hasil belajar siswa mendapat rata-rata 79,8% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut, dengan diterapkannya model pembelajaran ARIAS dapat memperbaiki proses pembelajaran, yaitu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS materi semangat kepahlawanan dan cinta tanah air melalui model pembelajaran ARIAS di SDN Mumbulsari 01 tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan model pembelajaran ARIAS pada siswa kelas IV SDN Mumbulsari 01, maka dapat diberikan saran bahwa siswa sebaiknya dijadikan subjek pembelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman belajarnya. Bagi guru dan bagi peneliti yang akan mengadakan penelitian ilmiah di bidang pendidikan selanjutnya serta pihak sekolah terkait hendaknya menerapkan pembelajaran ini sebagai alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10849
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository