Show simple item record

dc.contributor.authorALVIRANI, Salma
dc.date.accessioned2022-07-15T03:30:50Z
dc.date.available2022-07-15T03:30:50Z
dc.date.issued2022-02-07
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108447
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tanggal 15 Juli 2022en_US
dc.description.abstractKeterampilan pengambilan keputusan merupakan salah satu keterampilan softskill yang harus dimiliki dan ditingkatkan oleh peserta didik pada pembelajaran abad 21 dikarenakan keputusan merupakan suatu tindakan yang diambil dari beberapa alternatif solusi untuk memecahkan suatu masalah. Pengambilan keputusan senantiasa berhubungan dengan pemecahan masalah dan sifat hakiki dari pengambilan keputusan yaitu memilih satu atau lebih alternatif dari pemecahan masalah hingga mencapai keadaan yang diinginkan (Anwar, 2014). Kurangnya pemahaman materi dan keterampilan peserta didik di kelas dapat mempengaruhi hasil belajar dan kebiasaan buruk peserta didik yang pasif selama proses pembelajaran sehingga dapat berpengaruh ke jenjang kelas berikutnya (Rahmadanti et al., 2020). Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membantu peserta didik menjadi lebih aktif dan menstimulus peserta didik dalam mempelajari materi yang berkaitan dengan sains maupun kehidupan sehari-hari yaitu pembelajaran IPA berbasis Socio-Scientific Issue (SSI). Andryani (2016) menjelaskan pembelajaran IPA berbasis SSI yaitu pembelajaran yang mengefektifkan pembelajaran dalam aspek kehidupan sehari-hari, dengan isu-isu sains pro dan kontra dan isu-isu ilmiah di lingkungan masyarakat, sehingga pembelajaran dengan konteks SSI dapat menstimulasi rasa ingin tahu peserta didik tentang isu-isu kontroversial dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pembelajaran IPA berbasis SSI, peserta didik memiliki kesempatan untuk menganalisis dampak, mengevaluasi, dan membuat keputusan SSI tersebut, sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design yang dilaksanakan di SMP Negeri 7 Jember dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VIII tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eskperimen karena kedua kelas tersebut memiliki rata-rata yang hampir sama dalam Ulangan Harian pada materi sebelumnya. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen menggunakan pembelajaran IPA berbasis SSI, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvenssional yang biasa digunakan oleh guru. Penelitian ini berlangsung selama 3 kali pertemuan dengan pemberian pretest di awal pertemuan dan posttest di akhir pertemuan. Hasil analisis data keterampilan pengambilan keputusan menggunakan uji Independent Sample T-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,041 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol dan kelas eskperimen atau dapat dikatakan sebagai H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran IPA berbasis SSI terhadap keterampilan pengambilan keputusan siswa SMP. Hasil uji N-Gain pada Tabel 4.5 menunjukkan bahwa nilai rata-rata N Gain kelas eskperimen sebesar 0,5568 termasuk dalam kriteria sedang dan diperoleh presentase sebesar 56% (cukup efektif). sedangkan nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol lebih rendah yaitu sebesar 0,4233 dengan kriteria sedang dan diperoleh presentase sebesar 42% (kurang efektif). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran IPA berbasis Socio-Scentific Issue (SSI) terhadap keterampilan pengambilan keputusan siswa SMP kelas VIII yang termasuk dalam kategori cukup efektif.en_US
dc.description.sponsorshipErlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.D. Rusdianto, S.Pd., M.Kes.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.subjectSocio-Scientific Issueen_US
dc.subjectKeterampilan Pengambilan Keputusanen_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) Terhadap Keterampilan Pengambilan Keputusan Siswa SMP Kelas VIIIen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record