dc.description.abstract | Pendidikan formal erat kaitannya dengan berbagai macam buku, salah
satunya adalah buku siswa. Buku dalam pembelajaran memiliki banyak kegunaan
terutama bagi siswa. Buku siswa dekat kaitannya dengan siswa, karena digunakan
setiap harinya dalam pembelajaran, dalam buku siswa haruslah berisikan nilainilai karakter. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
No.20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan
Pendidikan Formal pasal 2 ayat 1 menjelasakan bahwa Penguatan Pendidikan
Karakter (PPK) dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila. Terdapat
18 nilai karakter, diantaranya nilai religius, nilai jujur, nilai toleran, nilai disiplin,
nilai bekerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai demokratis, nilai rasa ingin
tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai cintah tanah air, nilai menghargai prestasi,
nilai komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli
lingkungan, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. 18 nilai tersebut
merupakan perwujudan dari 5 nilai karakter utama, yaitu religius, nasionalis,
mandiri, integritas, dan gotong royong, kelima nilai tersebut saling berkaitan satu
sama lain dan tidak dapat dipisahkan.
PPK adalah sebuah gerakan pendidikan yang berada di bawah tanggung
jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter siswa dengan harmonisasi
olah hati, rasa, pikir, dan raga, untuk melaksanakannya perlu adanya dukungan
dan kerja sama sekolah, masyarakat, dan keluarga yang merupakan bagian darI
Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).
Analisis kesesuaian nilai-nilai pendidikan karakter dengan permendikbud
no.20 tahun 2018 pada buku siswa kelas II tema hidup bersih dan sehat, terdapat 4
subtema, yaitu subtema 1 adalah hidup bersih dan sehat di rumah, subtema 2
adalah hidup bersih dan sehat di sekolah, subtema 3 adalah hidup bersih dan sehat
di tempat bermain, serta subtema 4 adalah hidup bersih dan sehat di tempat
umum, dengan setiap subtema berisi 6 pembelajaran. Rumusan masalah yang
x
didapatkan oleh penelitia, apa saja nmuatan nilai-nilai karakter yang terdapat pada
buku tematik siswa kelas II tema hidup bersih dan sehat revisi 2017? dan
bagaimana kesesuaian muatan pendidikan karakter dengan Permendikbud no. 20
tahun 2018 pada buku siswa kelas II tema hidup bersih dan sehat revisi tahun
2017?.
Objek dari penelitian ini adalah buku siswa kelas II dengan tema hidup
bersih dan sehat revisi tahun 2017. Penulis buku ini adalah Faisal, buku tematik
siswa tersebut diterbitkan oleh pusat kurikulum dan perbukuan, balitbang,
kemendikbud di Jakarta. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan
teknik analisis data statistik deskriptif. Metode yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah menggunakan metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian muatan nilai-nilai
pendidikan karakter pada buku siswa kelas II tema hidup bersih dan sehat revisi
2017 sangat baik, terlihat dari perolehan akumulasi dari 4 subtema yaitu, 89%.
Perolehan akumulasi dari 4 subtema yang tertinggi diperoleh nilai religius, dengan
perolehan 31.46%, perolehan terendah diperoleh nilai nasionalis dengan perolehan
skor 7.87%. perolehan untuk nilai integritas adalah 19.10%, untuk perolehan nilai
mandiri adalah 20.22%, dan yang terakhir adalah perolehan dari nilai gotong
royong, yaitu sebesar 21.35%. terlihat dari perolehan tersebut perlu pemerataan
dan penambahan untuk setiap nilai karakter pada setiap subtema.
Hasil analisis dan pembahasan yang didapatkan, maka dapat disimpulkan
mengenai muatan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku siswa
kelas II dengan tema hidup bersih dan sehat telah sesuai dengan PPK, terdiri dari
religius, nasonalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Sedangkan untuk
tingkat kesesuaiannya adalah 89% yang termasuk dalam kategori sangat baik.
Hasil analisis buku siswa ini dapat digunakan sebagai sumber alternatif dan juga
bahan pertimbangan bagi guru maupun calon guru sebelum menggunakan buku
siswa ini. | en_US |