Show simple item record

dc.contributor.authorSUWARTINI, Yurita Okti
dc.date.accessioned2022-07-15T03:20:58Z
dc.date.available2022-07-15T03:20:58Z
dc.date.issued2020-07-11
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108444
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tanggal 15 Juli 2022en_US
dc.description.abstractPendidikan formal erat kaitannya dengan berbagai macam buku, salah satunya adalah buku siswa. Buku dalam pembelajaran memiliki banyak kegunaan terutama bagi siswa. Buku siswa dekat kaitannya dengan siswa, karena digunakan setiap harinya dalam pembelajaran, dalam buku siswa haruslah berisikan nilainilai karakter. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal pasal 2 ayat 1 menjelasakan bahwa Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila. Terdapat 18 nilai karakter, diantaranya nilai religius, nilai jujur, nilai toleran, nilai disiplin, nilai bekerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai demokratis, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai cintah tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. 18 nilai tersebut merupakan perwujudan dari 5 nilai karakter utama, yaitu religius, nasionalis, mandiri, integritas, dan gotong royong, kelima nilai tersebut saling berkaitan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. PPK adalah sebuah gerakan pendidikan yang berada di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter siswa dengan harmonisasi olah hati, rasa, pikir, dan raga, untuk melaksanakannya perlu adanya dukungan dan kerja sama sekolah, masyarakat, dan keluarga yang merupakan bagian darI Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Analisis kesesuaian nilai-nilai pendidikan karakter dengan permendikbud no.20 tahun 2018 pada buku siswa kelas II tema hidup bersih dan sehat, terdapat 4 subtema, yaitu subtema 1 adalah hidup bersih dan sehat di rumah, subtema 2 adalah hidup bersih dan sehat di sekolah, subtema 3 adalah hidup bersih dan sehat di tempat bermain, serta subtema 4 adalah hidup bersih dan sehat di tempat umum, dengan setiap subtema berisi 6 pembelajaran. Rumusan masalah yang x didapatkan oleh penelitia, apa saja nmuatan nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku tematik siswa kelas II tema hidup bersih dan sehat revisi 2017? dan bagaimana kesesuaian muatan pendidikan karakter dengan Permendikbud no. 20 tahun 2018 pada buku siswa kelas II tema hidup bersih dan sehat revisi tahun 2017?. Objek dari penelitian ini adalah buku siswa kelas II dengan tema hidup bersih dan sehat revisi tahun 2017. Penulis buku ini adalah Faisal, buku tematik siswa tersebut diterbitkan oleh pusat kurikulum dan perbukuan, balitbang, kemendikbud di Jakarta. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian muatan nilai-nilai pendidikan karakter pada buku siswa kelas II tema hidup bersih dan sehat revisi 2017 sangat baik, terlihat dari perolehan akumulasi dari 4 subtema yaitu, 89%. Perolehan akumulasi dari 4 subtema yang tertinggi diperoleh nilai religius, dengan perolehan 31.46%, perolehan terendah diperoleh nilai nasionalis dengan perolehan skor 7.87%. perolehan untuk nilai integritas adalah 19.10%, untuk perolehan nilai mandiri adalah 20.22%, dan yang terakhir adalah perolehan dari nilai gotong royong, yaitu sebesar 21.35%. terlihat dari perolehan tersebut perlu pemerataan dan penambahan untuk setiap nilai karakter pada setiap subtema. Hasil analisis dan pembahasan yang didapatkan, maka dapat disimpulkan mengenai muatan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku siswa kelas II dengan tema hidup bersih dan sehat telah sesuai dengan PPK, terdiri dari religius, nasonalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Sedangkan untuk tingkat kesesuaiannya adalah 89% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis buku siswa ini dapat digunakan sebagai sumber alternatif dan juga bahan pertimbangan bagi guru maupun calon guru sebelum menggunakan buku siswa ini.en_US
dc.description.sponsorshipChumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKurikulum 2013en_US
dc.subjectBuku Siswaen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.titleAnalisis Kesesuaian Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dengan Permendikbud No. 20 Tahun 2018 pada Buku Siswa Kelas II Tema Hidup Bersih dan Sehat Revisi Tahun 2017en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record