dc.contributor.author | FERDIANSYAH, Kholis | |
dc.date.accessioned | 2022-07-14T03:49:01Z | |
dc.date.available | 2022-07-14T03:49:01Z | |
dc.date.issued | 2021-02-03 | |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108411 | |
dc.description | Validasi unggah file repositori_Iswahyudi
Finalisasi unggah file repositori tanggal 14 Juli 2022_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Gojek merupakan salah satu transportasi umum berbasis online di Indonesia
penelitian ini dilakukan khususnya di Kabupaten Jember. Banyak masyrakat
sekarang lebih tertarik menggunakan transportasi online salah satunya Gojek,
karena Gojek dapat mempermudah untuk masyakat pergi bekerja, sekolah, belanja
ataupun ke tempat-tempat lain ditengah macetnya kota. Selain itu Gojek juga
menawarkan berbagai macam fitur dan layanan yang menarik untuk masyarakat.
Sangat mudah juga jika ingin menggunakan aplikasi Gojek ini cukup dengan
menggunakan Smartphone sudah bisa memesan ojek online lewat App Gojek yang
ada di Smartphone kita. Sangat mudah dan menarik untuk digunakan karena
pelanggan tidak perlu ke pangkalan ojek jika ingin bepergian dengan menggunakan
transportasi umum tinggal memesan di App dan menunggu driver dating. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasaan pelanggan penggunaan jasa online Gojek di Kota Jember.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif dengan metode statistic
deskriptif. Penelitian di lakukan di pertokoan yang ada di daerah Kota Jember
(Lippo, Roxy dan Transmart) dan juga Rumah sakit Jember. Berdasarkan masalah
dan rumusan masalah yang ada, karakteristik masalah yang diteliti dalam penelitian
ini dapat diklarifikasikan sebagai eksplanatory research, yaitu penelitian yang
menjelaskan pengujian hipotesis atau penelitian penjelasan. Penelitian ini juga
menggunakan metode penelitian populasi dan sampel, dan sampel dalam penelitian
ini menggunakan accidental sampling. Data tersebut diperoleh melalui dua sumber,
yaitu sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik observasi, kuesioner (angket), studi kepustakaan dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan
oleh Adyana (2018) menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Kepuasaan Pelanggan. Penelitian Setyaji (2018)
menunjukan adanya Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan, kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan, dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan. Bagi Jasa Online Gojek Di Kota Jember, berdasarkan hasil jawaban
kuisioner pada indikator Kehandalan dengan item pernyataan yakni Penjemputan
pelanggan Gojek sudah sesuai dengan waktu di aplikasi memiliki jawaban tidak
setuju tertinggi. Pihak Jasa Online Gojek Di Kota Jember sebaiknya dapat lebih
disiplin waktu dalam menjemput penumpang agar tidak terjadi keterlambatan
penjemputan penumpang. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing utama : Dr. Edy wahyudi, S.Sos.,M.M
Dosen Pembimbing anggota : Drs. Suhartono, M.P | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | en_US |
dc.subject | Pengaruh Kualitas | en_US |
dc.subject | Pelayanan | en_US |
dc.subject | Kepuasan Pelanggan | en_US |
dc.subject | Loyalitas | en_US |
dc.subject | Penggunaan Jasa Online | en_US |
dc.subject | Gojek | en_US |
dc.title | Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Penggunaan Jasa Online Gojek di Kota Jember | en_US |
dc.title.alternative | The Influence of Service Quality on Customer Statisfaction and Loyalty of Online GOJEK Service Using in The City of Jember | en_US |
dc.type | Other | en_US |