dc.contributor.author | FATMAWATI, Intan Silvia Eka | |
dc.date.accessioned | 2022-07-13T02:31:11Z | |
dc.date.available | 2022-07-13T02:31:11Z | |
dc.date.issued | 2022-06-22 | |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108371 | |
dc.description.abstract | Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan pada di SDN 4
Sumberwaru Situbondo menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran peserta
didik memiliki minat belajar yang rendah dan kurangnya kemampuan menguasai
materi, sehingga dapat menghambat hasil belajar peserta didik. Penelitian dilakukan
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Model pembelajaran
kooperatif tipe TGT merupakan model pembelajaran secara berkelompok dengan
melaksanakan turnamen akademik. Penelitian berfokus pada materi volume kubus dan
balok. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat serta hasil belajar
matematika peserta didik kelas V SDN 4 Sumberwaru Situbondo.
Penelitian dilaksanakan pada tahun pelajaran 2021/2022 semester genap.
Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V dengan jumlah 24 orang. Jenis
penelitian ini adalah PTK dengan metode pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus,
dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 pertemuan. Analisis data penelitian ini
menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif
diperoleh berdasarkan wawancara, dokumentasi dan observasi. Data kuantitatif
diperoleh berdasarkan tes dan angket.
Hasil penelitian yang diperoleh dalam penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe TGT pada pokok bahasan volume kubus dan balok untuk meningkatkan
minat dan hasil belajar peserta didik kelas V mengalami peningkatan. Hasil analisis pada siklus I menunjukkan persentase minat belajar secara klasikal sebesar 64%
dengan kategori tinggi. Minat belajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan
sebesar 20% menjadi 84% dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar menurut data
yang diperoleh juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil belajar secara
klasikal pada tahap prasiklus yaitu sebesar 60,04 dengan kategori baik. Peningkatan
hasil belajar secara klasikal terjadi pada siklus I sebesar 0,96, sehingga pada siklus I
memperoleh hasil sebesar 61,00 dengan kategori baik. peningkatan hasil belajar juga
terjadi pada siklus II sebesar 21,86, sehingga hasil belajar siklus II sebesar 82,86
dengan kriteria sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan adalah
bagi guru, hendaknya guru dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan
untuk peserta didik sekolah dasar. Bagi sekolah, perlunya untuk menambah fasilitas
pembelajaran yang menyenangkan sehingga minat belajar peserta didik dapat
berkembang. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat lebih kreatif dalam memperbaiki
permasalahan yang ada di lingkungan sekolah. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing I : Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing II : Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF | en_US |
dc.subject | TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) | en_US |
dc.subject | MENINGKATKAN MINAT | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR MATEMATIKA | en_US |
dc.subject | VOLUME KUBUS | en_US |
dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SDN 4 Sumberwaru Situbondo | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |