Show simple item record

dc.contributor.authorEMITASARI, Angelica Ona
dc.date.accessioned2022-07-11T06:48:28Z
dc.date.available2022-07-11T06:48:28Z
dc.date.issued2022-05-27
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108290
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 11 Juli 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractProses penyelesaian masalah matematika non rutin atau masalah matematika yang rumit tidak bisa hanya dengan mengandalkan kemampuan menghafal rumus matematika saja. Oleh karena itu dibutuhkan suatu keterampilan dalam berpikir untuk menyelesaikan suatu masalah matematika, salah satunya adalah keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kreatif siswa sangat dibutuhkan ketika kegiatan pembelajaran. Keterampilan berpikir kreatif siswa akan dapat berkembang secara optimal ketika mereka memiliki self-cofindence yang baik. Keterampilan berpikir kreatif sebagai keterampilan yang berkaitan dengan kegiatan psikis dari setiap individu untuk berpikir secara terbuka dalam menyelesaikan masalah segiempat dengan memperhatikan aspek–aspek yang perlu dicapai yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Self-confidence adalah sudut pandang setiap individu terhadap konsep diri untuk yakin atas potensi diri yang dimiliki guna mencapai tujuan yang diinginkan dan dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab serta tidak mudah putus asa meskipun terdapat banyak tantangan dalam mencapainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kreatif siswa self-confidence rendah, self-confidence sedang, dan self-confidence tinggi dalam menyelesaikan masalah segiempat. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket selfconfidence, soal tes keterampilan berpikir kreatif, dan pedoman wawancara. Validasi instrumen dilakukan pada soal tes dan pedoman wawancara yang mendapatkan nilai rata-rata total (𝑉𝑎) secara berturut-turut yaitu 3,7 dan 3,72, sehingga instrumen penelitian yang digunakan sudah terbukti valid dan dapat digunakan untuk penelitian. Hasil dari pengisian angket self-confidence akan diklasifikasikan pada tingkat self-confidence rendah (SR), self-confidence sedang (SS), dan self-confidence tinggi (ST). Setelah pengambilan data menggunakan angket self-confidence maka dilanjutkan dengan pengambilan data dengan soal tes keterampilan berpikir kreatif. Hasil tes yang telah didapatkan akan dianalisis berdasarkan indikator berpikir kreatif yang berhasil dicapai dari setiap klasifikasi self-confidence untuk mendapatkan subjek penelitian. Subjek penelitian akan diwawancara secara lebih terperinci dengan tujuan agar mendapatkan infomasi dan wawasan yang lebih mendalam mengenai keterampilan berpikir kreatif siswa. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada tanggal 25 februari 2022 – 12 maret 2022. Berdasarkan hasil penelitian, siswa dengan self-confidence rendah keterampilan berpikir kreatifnya rendah dikarenakan ketercapaian pada semua indikator rendah. Siswa dengan self-confidence rendah kurang memiliki kemauan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan dan tidak memiliki kepercayaan diri terhadap kemampuan yang dimiliki sehingga keterampilan berpikir kreatifnya rendah. Siswa dengan self-confidence sedang keterampilan berpikir kreatifnya sedang dikarenakan memiliki ketercapaian tinggi pada indikator kelancaran (fluency) dan indikator keluwesan (flexibility). Siswa dengan self-confidence sedang dapat bertindak positif dalam menghadapi masalah sehingga informasi yang diberikan pada soal dapat dipahami dengan baik dan benar. Siswa dengan selfconfidence sedang juga cukup baik dalam mengemukakan pendapatnya yang terlihat pada saat kegiatan wawancara. Siswa dengan self-confidence tinggi keterampilan berpikir kreatifnya tinggi dikarenakan memiliki ketercapaian tinggi pada semua indikator, yaitu indikator kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Siswa dengan self-confidence tinggi memiliki kepercayaan diri yang baik terhadap kemampuan yang dimiliki, gigih dalam menyelesaikan masalah yang diberikan dan mandiri dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu siswa dengan self-confidence tinggi dapat mengeksplor dengan baik keterampilan berpikir kreatifnyaen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Dr. Susanto, M.Pd. Dosen Pembimbing II Lela Nur Safrida, M.Pd. :en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectANALISIS KETERAMPILANen_US
dc.subjectBERPIKIR KREATIF SISWAen_US
dc.subjectSELF-CONFIDENCEen_US
dc.titleAnalisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Segiempat Ditinjau dari Self-Confidenceen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record