dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V melalui project-based learning dengan media video kreatif dalam proses pembelajaran di SDN Tambakan 02. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan dalam setiap siklusnya. Tahapan dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data terkumpul dari tes yang diberikan di akhir siklus. Metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi semua siswa kelas V di SDN Tambakan 02 Blitar yang berjumlah 25 siswa. Model penelitian yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah model project-based learning. Model project-based learning merupakan aktivitas pembelajaran yang dipusatkan pada siswa dan menekankan pada pengembangan keterampilan dalam mengatasi suatu permasalahan atau proyek tertentu dimana hasilnya nanti adalah dapat menciptakan suatu produk. Langkah-langkah model project-based learning meliputi: 1) penentuan proyek; 2) perancangan langkah-langkah penyelesaian; 3) penyusunan jadwal pelaksanaan proyek; 4) penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring; 5) penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil; dan 6) evaluasi proses dan hasil proyek. Penelitian dapat dikatakan berhasil jika nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan. Hasil belajar menunjukkan skor klasikal prasiklus sebesar 68,08 di ranah kognitif menjadi 81,64 di siklus I, dan sebesar 85,36 di siklus II. Ranah afektif menunjukkan skor klasiklal prasiklus sebesar 69,32 menjadi 87,64 di siklus I, dan 89 di siklus II. Sedangkan pada ranah psikomotor skor klasikal prasiklus sebesar 68,52 menjadi 83,76 di siklus I, dan 85,32 di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian ini telah mencapai tujuannya yaitu model project-based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Tambakan 02 Blitar. | en_US |