Show simple item record

dc.contributor.authorFATIMAH, Sasmi Nur
dc.date.accessioned2022-07-08T02:15:40Z
dc.date.available2022-07-08T02:15:40Z
dc.date.issued2021-03-29
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108264
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Arini Finalisasi unggah file repositori tanggal 8 Juli 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractPada kurikulum 2013 proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik, dalam penerapannya pendekatan saintifik mendorong guru untuk berfikir kreatif dan inovatif agar tercipta pembelajaran aktif guna mencapai tujuan pembelajaran yang dikehendaki. Salah satu cara bagi guru untuk melakukan inovasi pembelajaran adalah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dan tepat. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diimplementasikan dengan mengintegrasikan unsur-unsur pendekatan saintifik. Model pembelajaran PBL dapat membangun pengetahuan siswa secara mandiri, meningkatkan keterampilan dalam menyelesaikan masalah dan memberikan keterampilan hidup. Rumusan masalah penelitian ini yaitu ”apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada tema Panas dan Perpindahannya kelas V SD ?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada tema Panas dan Perpindahannya kelas V SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain Quasi Eksperimen, dengan pola Non-equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah 01 Watukebo. Subjek yang terdapat dalam penelitian yaitu semua siswa kelas V MI Muhammadiyah 01 Watukebo kelas VA (32) dan VB (31). Sebelum menetapkan kelas eksperimen dan kontrol, maka dilaksanakan uji homogenitas dengan data nilai UAS. Hasil uji homogenitas menunjukkan hasil 0,192 > 0,05. Dari hasil tersebut dinyatakan bahwa kedua kelompok adalah homogen. Selanjutnya penetapan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan menggunakan undian, terpilih kelas eksperimen dari kelas VA, dan kelas kontrol terpilih dari kelas VB.en_US
dc.description.sponsorshipAgustiningsih, S.Pd., M.Pd (Dosen Pembimbing) Kendid Mahmudi, S.Pd.,M.PFis (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SDen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record