• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN TINGKAT PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENJALANI PAUD DAN TIDAK MENJALANI PAUD DI DUSUN KRAJAN II GRENDEN PUGER KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Kurniawan Erman Wicaksono.pdf (176.6Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Kurniawan Erman Wicaksono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak usia prasekolah adalah anak yang dalam usianya menjalani kehidupan dengan tiga masa yaitu masa bahagia, masa belajar dan masa bermain atau disebut juga dengan time for play. Anak usia prasekolah ada yang menjalani sekolah dan ada juga yang tidak menjalani sekolah. Jenis sekolah yang dijalani oleh anak usia prasekolah salah satunya adalah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). PAUD adalah salah satu jenis pendidikan anak usia dini yang membantu pertumbuhan dan perkembangan anak melalui pemberian rangsangan pendidikan. Perkembangan personal sosial adalah salah satu parameter perkembangan anak yang di dalamnya terdapat aspek yang saling berhubungan yaitu self-help general, self-help eating, self-help dressing, self direction, occupation, communication, locomotion dan socialization. Kondisi perkembangan personal sosial pada masing-masing anak usia prasekolah berbeda. Hal tersebut tergantung pada stimulus yang mempengaruhi perkembangan personal sosial anak usia prasekolah. Stimulus yang banyak diterima adalah dari lingkungan keluarga (terutama orangtua), lingkungan sekitar dan lingkungan sekolah anak. Hasil studi pendahuluan pada tiga orang anak dengan dua anak tidak menjalani PAUD yang menunjukkan bahwa mereka lebih mampu dalam melaksanakan tugas perkembangan personal sosial dengan mandiri daripada anak yang menjalani PAUD yang belum bisa mandiri. x Tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui perbedaan perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah yang menjalani PAUD dan tidak menjalani PAUD di Dusun Krajan II Grenden Puger Kabupaten Jember. Sedangkan tujuan khususnya adalah mengidentifikasi tingkat perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah yang menjalani PAUD, mengidentifikasi tingkat perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah yang tidak menjalani PAUD dan menganalisis perbedaan tingkat perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah yang menjalani PAUD dan tidak menjalani PAUD di Dusun Krajan II Grenden Puger Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak usia prasekolah (usia 3 sampai 5 tahun) yang berada di Dusun Krajan II Grenden Puger Kabupaten Jember yang berjumlah 102 anak. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan meggunakan purposive sampling. Total sampel yang digunakan sebanyak 26 anak usia prasekolah dengan 13 anak menjalani PAUD dan 13 anak tidak menjalani PAUD. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan nilai Odd Ratio 2,857 yang artinya anak yang menjalani PAUD mempunyai peluang 2,86 kali untuk memiliki tingkat perkembangan personal sosial baik dibandingkan anak yang tidak menjalani PAUD. Pada hasil diperoleh nilai p value sebesar 0,411 (0,411 > 0,05), maka Ho diterim/Ho gagal ditolak. Dengan demikian tidak ada perbedaan tingkat perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah yang menjalani PAUD dan tidak menjalani PAUD di Dusun Krajan II Grenden Puger Kabupaten Jember. Tidak adanya perbedaan menunjukkan terdapat faktor lain yang lebih berpengaruh terhadap perkembangan personal sosial, yaitu stimulasi orangtua. Sehingga diharapkan orangtua lebih memperhatikan perkembangan anaknya terutama perkembangan personal sosialnya dengan memberikan stimulasi yang adekuat, berjenjang dan berkesinambungan. Sehingga perkembangan personal sosial anak dapat optimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10815
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1595]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository