Korelasi Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Siswa Kelas VI SDN Kemuning Sidoarjo
Abstract
Bersosialisasi merupakan proses penanaman kebiasaan yang ada di
lingkungan sosial pada diri individu. Sosialisasi dimulai dari mengenali dirinya
sendiri di lingkungan keluarga hingga mengenali dirinya di lingkungan
masyarakat, dengan begitu seseorang mampu mengetahui peran dan tindakan
yang seharusnya dilakukan di lingkungannya berada. Faktor-faktor yang
mempengaruhi kemampuan bersosialisasi salah satu adalah kecerdasan yang
dimiliki siswa. Kecerdasan ini mencakup kecerdasan intelektual, emosional, dan
spiritual. Membahas mengenai kecerdasan emosional, seseorang dikatakan
memiliki emosi yang stabil apabila memiliki lima aspek, salah satunya yaitu
kemampuan mengenali emosi orang lain dan dapat membina hubungan. Hal
tersebut tentunya memengaruhi penguasaan siswa dalam bersosialisasi atau
bergaul dengan teman sebayanya. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui
korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan
bersosialisasi yang dimiliki siswa kelas VI SDN Kemuning Sidoarjo tahun
pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk
menambah dan memberikan pengetahuan mengenai sejauh mana korelasi antara
kecerdasan emosional dengan kemampuan bersosialisasi yang dimiliki oleh siswa
sekolah dasar.
Penelitian dilaksanakan di SDN Kemuning Sidoarjo. Jenis penelitian yang
dilakukan yaitu penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif pada sampel yang berjumlah 58 siswa kelas VI SDN Kemuning
Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi,
wawancara, dokumentasi, dan angket. Angket yang disediakan meliputi angket
kecerdasan emosional dan angket kemampuan bersosialisasi. Angket dibagikan
kepada responden via link Google Form dengan bantuan perantara yaitu guru
kelas pada tanggal 16 April 2021. Angket sebelumnya telah di uji validitas dan
reliabilitasnya sebelum diberikan pada sampel penelitian.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Product Moment
Pearson dengan bantuan aplikasi olah data SPSS versi 23. Penelitian ini
menggunakan taraf signifikansi 5% atau taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan
hasil perhitungan uji korelasi diperoleh rhitung lebih besar dari rtabel (0,596 > 0,259)
dan koefisien determinasi sebesar 35,5% sumbangan kontribusi kecerdasan
emosional terhadap kemampuan bersosialisasi siswa, sedangkan sisanya sebesar
64,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Penelitian ini dapat diambil kesimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
positif signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan bersosialisasi
siswa kelas VI SDN Kemuning Sidoarjo tahun pelajaran 2020/2021. Berdasarkan
hasil penelitian ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, pihak sekolah,
maupun peneliti lain. Saran yang dapat diberikan peneliti yakni hendaknya pihakpihak
yang terkait dapat lebih memperhatikan faktor-faktor yang memengaruhi
kemampuan bersosialisasi siswa khususnya terkait kecerdasan emosional yang
dimiliki siswa. Saran peneliti bagi peneliti lain yakni hendaknya
mempertimbangkan dan memperhatikan faktor lain yang bisa memengaruhi
kemampuan bersosialisasi siswa untuk penelitian selanjutnya.