dc.description.abstract | Pandemi covid-19 merupakan fenomena baru dalam sistem pendidikan
Indonesia yang menyebabkan Kepala Sekolah perlu mengembangkan
kemampuannya dalam membina serta meningkatkan kinerja guru. Kinerja guru
dapat terlihat dari kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, serta
melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran. Kinerja guru TK ARNI Kecamaan
Kaliwates Kebupaten Jember pada masa pandemi covid-19 sudah cukup baik.
Namun, Kepala Sekolah belum melakukan kegiatan penilaian atau evaluasi terkait
kinerja guru.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana kepemimpinan
Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada masa pandemi covid-19 di
TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?”. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk mendeskripsikan kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan
kinerja guru pada masa pandemi covid-19 di TK ARNI Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif, yang dilakukan selama 5 minggu di TK ARNI Kecamatan
Kaliwates Kabupaten Jember. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci
yaitu Kepala Sekolah dan sumber data yang diperoleh dari informan pendukung
yaitu dua guru TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Teknik
analisis data dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten
Jember Kepala Sekolah melakukan kepemimpinannya dalam meningkatkan
kinerja guru pada masa pandemi covid-19 dengan menerapkan gaya
kepemimpinan demokratis serta berperan sebagai supervisor, inovator dan
motivator. Kepala Sekolah menerapkan gaya kepemimpinan demokratis dan
selalu bermusyawarah dengan guru dalam mengambil keputusan. Kepala Sekolah
melaksanakan perannya sebagai supervisor dengan melakukan beberapa strategi,
antara lain: mencari informasi dan belajar bersama guru melalui internet terkait
pembelajaran di masa pandemi covid-19, melaksanakan rapat atau briefing
bersama guru dan staf untuk mencari solusi, menanyakan permasalahan yang
dialami guru satu-persatu, memotivasi guru dalam mengikuti pelatihan serta
berinovasi terkait pembelajaran supaya tidak monoton. Kepala Sekolah berperan
sebagai inovator dengan melakukan inovasi terkait sistem pembelajaran daring
supaya lebih efektif dan efisien. Kepala Sekolah berperan sebagai motivator
dengan melakukan beberapa strategi, antara lain: mengatur lingkungan sekolah
dan kelas bersama guru dan staf supaya terlihat kondusif, sejuk, dan nyaman;
menciptakan suasana kerja yang harmonis dengan selalu berkomunikasi secara
langsung maupun melalui whatsapp grup guru; menciptakan rasa aman di sekolah
dengan penerapan 5M dan vaksinansi; memberi insentif atau bonus kepada guru;
pemberian teguran, dan memberi motivasi secara internal maupun eksternal
kepada guru.
Kinerja guru TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember dalam
merencanakan, melaksanakan, serta melakukan evaluasi pembelajaran di masa
pandemi covid-19 terbilang cukup baik. Namun pada aspek mengkoordinasi
pembelajaran, kinerja guru saat pembelajaran luring terlihat lebih baik dari pada
saat pembelajaran daring karena guru dapat melaksankannya secara langsung.
Kinerja guru yang baik tidak lepas dari adanya kepemimpinan yang diterapkan
Kepala Sekolah.
Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya Kepala Sekolah TK ARNI
Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember melakukan penilaian terkait kinerja guru
yang dilaksankan satu semester sekali dan lebih memotivasi serta memfasilitasi
guru dalam mengikuti pelatihan atau workshop. Saran untuk guru yaitu lebih
mengembangkan kinerjanya dalam aspek mengkoordinasi pembelajaran daring. | en_US |