Show simple item record

dc.contributor.authorOCTAVIANA, Ferina
dc.date.accessioned2022-06-28T05:35:55Z
dc.date.available2022-06-28T05:35:55Z
dc.date.issued2022-01-24
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108091
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 28 Juni 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractKeterampilan kolaborasi merupakan salah satu proses belajar yang dilakukan secara berkelompok untuk mendiskusikan beberapa perbedaan dalam pandangan dan pengetahuan melalui kegiatan diskusi seperti memberikan saran, mendengarkan dan menyimak jalannya diskusi, serta menghargai perbedaan pendapat yang ada. Keterampilan peserta didik dalam berkolaborasi menjadi sangat penting dimiliki oleh peserta didik karena pembelajaran yang disusun secara kolaboratif akan melibatkan peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran dan dapat mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Fakta yang ada disekolah menunjukkan bahwa keterampilan peserta didik dalam berkolaborasi tersebut masih rendah. LKPD berbasis elektronik merupakan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan kolaborasi peserta didik, karena E-LKPD dapat didesain secara khusus untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik dan mudah untuk diakses menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, komputer, dan perangkat elektronik lainnya. Oleh karena itu dengan menggunakan E-LKPD dalam pembelajaran IPA diharapkan dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan E-LKPD untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik SMP kelas 7 dalam pembelajaran IPA materi energi dalam sistem kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan di bidang pendidikan atau Educational Design Research (EDR) dengan menggunakan model pengembangan oleh Plomp. Tahap pengembangan yang digunakan terdiri atas tiga tahapan, yang meliputi tahap preliminary research, tahap prototyping, dan tahap assessment. Hasil validitas E-LKPD diperoleh dari hasil validasi oleh para validator, sedangkan hasil kepraktisan diperoleh dari penilaian lembar keterlaksanaan pembelajaran oleh observer, dan hasil keefektifan diperoleh dari hasil analisis N-Gain menggunakan data dari lembar penilaian keterampilan kolaborasi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa skor validitas E-LKPD memiliki persentase validasi isi sebesar 88% (sangat valid) dan validasi konstruk sebesar 88% (sangat valid), sehingga skor validitas secara keseluruhan yang didapat sebesar 87,50%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, dapat diartikan bahwa E-LKPD berada pada kategori sangat valid karena telah memenuhi kriteria validasi isi (memiliki unsur keterbaruan dan sesuai dengan kebutuhan yang ada) dan validasi konstruk (disusun secara sistematis dan memiliki struktur yang baik). Penilaian tingkat kepraktisan E-LKPD memperoleh skor uji kepraktisan sebesar 3,6. Hasil kepraktisan E-LKPD tersebut berarti bahwa E-LKPD berada pada kategori sangat praktis karena dapat digunakan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dirancang. Penilaian keefektifan E-LKPD memperoleh skor rata-rata N-Gain sebesar 0,52 atau jika dalam bentuk persen sebesar 52%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, dapat diartikan bahwa E-LKPD dinyatakan cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Respon peserta didik terhadap E-LKPD pada pembelajaran IPA dinyatakan sangat puas karena memperoleh skor persentase hasil angket respon peserta didik sebesar 82,66%. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid, dengan demikian E-LKPD sudah dapat digunakan sebagai bahan ajar pada materi energi dalam sistem kehidupan. Kepraktisan E-LKPD termasuk dalam kategori sangat praktis, dengan demikian E-LKPD dapat digunakan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dirancang serta mudah untuk diakses oleh peserta didik ataupun guru. Keefektifan E-LKPD mencapai kategori cukup efektif, dengan demikian berarti bahwa E-LKPD sudah cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Supeno, S.Pd., M.Si Diah Wahyuni, S.Pd., M.Scen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKeterampilan Kolaborasien_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.subjectE-LKPDen_US
dc.subjectBahan Ajaren_US
dc.titlePengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik SMP pada Pembelajaran IPA Materi Energi dalam Sistem Kehidupanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record