Prosedur Administrasi Invoice untuk Tenant pada Lippo Plaza Jember
Abstract
Perkembangan usaha di Indonesia saat ini semakin kompetitif untuk menuntut setiap perusahaan dapat melaksanakan administrasi perusahaan yang lebih profesional. Bertambahnya pesaing, baik pesaing yang berorientasi lokal maupun internasional maka setiap perusahaan harus berusaha menampilkan yang terbaik dari segi manajemen atau administrasi perusahaan. Persaingan yang sedemikian rupa telah memaksa perusahaan untuk berkonsentrasi pada serangkaian aktivitas pelayanan konsumen dan penciptaan produk yang berkaitan dengan kompetensi utamanya.
Lippo Plaza Jember merupakan salah satu cabang dari Lippo Malls yang dikelola oleh PT Jasa Management Consulting Division, anak perusahaan Lippo Karawaci Tbk. Dalam mengatur kegiatan perusahaan Lippo Plaza Jember tentunya sudah memiliki dan menerapkan prosedur, khususnya yang berkaitan dengan penerbitan invoice yang ditujukan untuk tenant. Prosedur tersebut merupakan informasi yang digunakan oleh manajemen dalam pengambilan keputusan, baik informasi yang berkaitan dengan administrasi keuangan atau administrasi manajemen.
Salah satu kegiatan administrasi yang dilakukan oleh Lippo Plaza Jember adalah penagihan uang sewa, utilitas, dan jasa pengelolaan gedung. Dimana di dalam pembukuan perusahaan tercatat sebagai piutang. Piutang memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan karena termasuk dalam aktiva lancar perusahaan yang berfungsi menjaga kelancaran sebuah bisnis dan dimanfaatkan untuk operasional dan pengembangan perusahaan. Penagihan harus dilakukan secara baik dan benar sesuai prosedur, karena nantinya akan berkaitan dengan operasional perusahaan terutama yang berkaitan dengan administrasi penagihan tersebut.
Proses administrasi piutang merupakan salah satu materi yang didapat selama mengikuti perkuliahan di program studi DIII Administrasi Keuangan pada Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember
Collections
- DP-Financial Accounting [181]