• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Media Google Classroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Online Geografi Siswa SMA Negeri 1 Rogojampi Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    ERIKA YULINDA - 170210303021.pdf (4.798Mb)
    Date
    2021-08-02
    Author
    Yulinda, Erika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Efektivitas pembelajaran merupakan salah satu hal yang penting untuk menentukan keberhasilan pembelajaran. Efektivitas pembelajaran dapat dilihat dari beberapa indikator diantaranya tercapainya ketuntasan pembelajaran, tercapainya waktu ideal sesuai RPP pembelajaran, kemampuan guru mengelola pembelajaran serta respons yang diberikan siswa. Pada masa pandemi ini, penggunaan media pembelajaran untuk pembelajaran online sangat penting guna mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Media google classroom merupakan salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan untuk pembelajaran online di masa pandemi ini. Untuk mengetahui apakah penggunaan media google classroom berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran geografi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Rogojampi Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021 maka dilakukan penelitian yang lebih lanjut. Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan media google classroom terhadap efektivitas pembelajaran geografi siswa SMA Negeri 1 Rogojampi kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media google classroom terhadap efektivitas pembelajaran online geografi siswa SMA Negeri 1 Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini menggunakan purposive area untuk menentukan lokasi penelitian sedangkan untuk responden penelitian menggunakan responden populatif yaitu sebanyak 100 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan diantaranya angket, wawancara serta dokumen. Penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, pra syarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media google classroom memiliki korelasi yang sangat rendah terhadap efektivitas pembelajaran online oleh karena itu hasil yang ditunjukkan penggunaan media google classroom tidak berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pembelajaran online geografi siswa SMA Negeri 1 Rogojampi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan google classroom bukan menjadi faktor efektivitas pembelajaran online geografi di SMA Negeri 1 Rogojampi Kabupaten Banyuwangi Tahun ajaran 2020/2021.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108080
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository