Pengembangan Media Komik Digital Sejarah untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Sejarah di SMA Kelas X Mengunakan Model ADDIE”
Abstract
Kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk membangun karakter kebangsaan perserta didik, salah satunya implementasinya yaitu dengan cara mengaitkan pembelajaran dengan kebutuhan peserta didik. Berdasrkan data lapang yang diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi, angket dan observasi pada 3 SMA di Kabupaten Jember diketahui bahwa: 1) pembelajaran sejarah pada kelas X masih terpaku pada media pembelajaran yang terdapat pada buku paket atau LKS dan media gambar yang disajikan dalam bentuk power poin, 2) Kurangnya minat peserta didik terhadap pembelajaran Sejarah Indonesia, 3) kurangnya media pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran Sejarah Indonesia.4) pendidik yang masih menggunakan metode ceramah.
Pemecahan masalah tersebut adalah dengan cara mengembangkan media pembelajaran yang efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah Indonesia maka dikembangkan lah media komik digital pembelajaran sejarah Indonesia. Selanjutnya produk komik digital yang telah tervalidasi akan diuji keefektifannya, sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:(1) bagaimana hasil validasi ahli terhadap media komik digital pada mata pelajaran sejarah untuk SMA kelas X dengan model ADDIE ?, (2) apakah media komik digital pembelajaran sejarah berbasis Inquiry dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran sejarah untuk SMA kelas X ?.
Penelitian ini memiliki beberapa tujuan diantaranya: (1) Menghasilkan produk berupa komik digital yang tervalidasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media pembelajaran.(2) Menghasilkan produk berupa komik digital yang efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah kelas X.