dc.contributor.author | RAHMAWATI, Amelia | |
dc.date.accessioned | 2022-06-28T02:35:50Z | |
dc.date.available | 2022-06-28T02:35:50Z | |
dc.date.issued | 2021-09-22 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108010 | |
dc.description.abstract | Model pembelajaran kooperatif group investigation merupakan salah satu
model pembelajaran yang memenuhi student centered learning dan sesuai dengan
karakteristik fisika. Group investigation merupakan tipe model kooeperatif yang
telah dikembangkan oleh Shlomo dan Yael Sharan yang merupakan suatu
perancanaan kelas dimana siswa berada pada kelompok kecil dengan pertanyaan
koopertif, diskusi beregu, dan juga perencanaan proyek kooperatif, sehingga hasil
yang akan diperoleh akan melekat dalam ingatan jangka panjang karena setiap
proses penemuannya siswa terlibat di dalamnya.
Penerapan model pembelajaran akan lebih optimal dalam meningkatkan
hasil belajar dan sikap ilmiah siswa adalah dengan memberikan suatu bantuan
berupa peta konsep. Peta konsep adalah suatu cara melalui ilustrasi grafis konkret
yang memperlihatkan konsep-konsep suatu mata pelajaran terutama sains
sehingga mampu menjadikan belajar lebih bermakna dan mampu meningkatkan
hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang telah
dilaksanakan di SMAN 1 Mojosari pada semester 2 (genap) tahun ajaran
2020/2021 di bulan April dengan pokok bahasan alat-alat optik. Dengan
mengambil dua sampel penelitian yakni kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen
dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah post-test only control design. Instrumen pengukur sikap
ilmiah siswa menggunakan angket sikap ilmiah sedangkan instrumen pengukur
hasil belajar fisika menggunakan post-test berjumlah 20 soal. Instrumeninstrumen
tersebut diberikan setelah pembelajaran dilaksanakan.
viii
Kelas kontrol dan kelas eksperimen mendapatkan perlakuan yang berbeda,
kelas eksperimen menggunakan model kooperatif group investigation disertai peta
konsep, sedangkan kelas kontrol tidak menggunakannya. Perbedaan perlakuan ini
mengakibatkan hasil data nilai pada post-test dan angket sikap ilmiah yang
diberikan kepada siswa memiliki perbedaan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka kesimpulan yang
didapat dari penelitian ini yakni Pembelajaran dengan menggunakan model
kooperatif group investigation disertai peta konsep berpengaruh signifikan
terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd.
Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Subiki, M.Kes. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | ALAT-ALAT OPTIK | en_US |
dc.subject | GROUP INVESTIGATION | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Kooperatif Group Investigation disertai Peta Konsep Pokok Bahasan Alatalat Optik Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa SMA” | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |