Show simple item record

dc.contributor.authorHERASTUTI, Alfiany Widya
dc.date.accessioned2022-06-28T02:34:25Z
dc.date.available2022-06-28T02:34:25Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108005
dc.description.abstractPembelajaran fisika berkaitan erat dengan fenomena dan kejadian alam. Fisika merupakan pelajaran yang dianggap sulit. Proses belajar siswa yang berlangsung sampai saat ini membuktikan kebanyakan siswa tidak begitu minat dan pasif dalam melaksanakan pembelajaran. jika hal tersebut terus terjadi, maka hasil belajar siswa akan rendah. Solusi yang dianggap mampu untuk persoalan tersebut adalah dengan digunakannya media pembelajaran. Salah satu media yang dapat meningkatkan minat siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran adalah Macromedia Flash. Macromedia Flash merupakan sebuah media pembelajaran yang tediri atas gambar, teks, animasi sederhana, video, dan efek-efek khusus lainnya. Dengan beberapa aplikasi yang ada dalam Macromedia Flash sangat memungkinkan untuk dimanfaaatkan sebagai saran pembelajaran pada materi Termodinamika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruuh media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui respon siswa mengenai penggunaan media pembelajaran pada pokok bahasan termodinamika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang memiliki tujuan untuk uji hipotesis ada atau tidaknya pengaruh perlakuan tersebut apabila dibandingkan dengan perlakuan yang lainnya. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran Macomedia Flash yang diujikan pada siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Mumbulsari, Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan pada semester genap pada tahun ajaran 2020/2021. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil pre-test dan post-test juga lembar angket respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai signifikasinya 0,221≥ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan. Pengujian hipotesis post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai signifikansinya 0,020 ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Macromedia Flash terhadap hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas konntrol. Pengujian hipotesis pre-test dan post-test kelas eksperimen nilai signifikansinya 0,000 ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen. Respon siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan Macromedia Flash secara keseluruhan baik ditunjukkan dengan respon siswa yang menjawab sangat setuju 27,6% dan setuju 72,4%. Macromedia Flash terbukti dapat meningkatkan hasil belajar karena Macromedia Flash merupakan media animasi yang efektif dan interaktif untuk merangsang daya tarik siswa pada saat pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash terbukti berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa SMAN 1 Mumbulsari antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. 2) Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash sangat baik, hal ini ditunjukkan dengan persentase angket respon siswa yang mencapai 82%en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Bambang Supriadi, M.Sc Dosen Pembimbing Anggota : Pramudya Dwi A.P, S.Pd., M.Pd., Ph.Den_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBAHASAN TERMODINAMIKAen_US
dc.subjectMACROMEDIA FLASHen_US
dc.subjectPENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIFen_US
dc.titlePengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Termodinamikaen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record