Pengaruh Servicescape, Service Quality dan Product Quality Terhadap Consumer Satisfaction Resto Ikan Goreng Cianjur Jember
Abstract
Gaya hidup masyarakat yang konsumtif disinyalir menjadi faktor yang
berpengaruh dalam menjamurnya restoran di Kota Jember. Restoran Ikan Goreng
Cianjur Jember (RIGC) merupakan salah satu restoran di Jember yang terkenal
dengan masakannya yang enak. Cita rasa masakannya yang khas Indonesia yang
melekat dilidah masyarakat diolah dengan istimewa dan higienis, juga terdapat
tempat yang disertai dengan pelayanan yang nyaman sesuai dengan harapan
konsumen. Meskipun banyak restoran yang berdiri di Kota Jember, akan tetapi
Resto Ikan Goreng Cianjur Jember ini tetap memiliki banyak konsumen. Hal
tersebut menunjukkan bahwa konsumen selalu mendapatkan kepuasan terhadap
pelayanan yang diberikan dan produk yang ditawarkan, sehingga Resto Ikan
Goreng Cianjur Jember tetap mampu mempertahankan kekuatan pasarnya ditengah
ketatnya persaingan khususnya dibidang kuliner. Dengan fenomena yang ada
penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel yang mempengaruhi Consumer
Satisfaction pada Resto Ikan Goreng Cianjur Jember dengan menggunakan variabel
Servicescape, Service Quality dan Product Quality.
Penelitian ini dilakukan dengan memilih masyarakat Kota Jember yang
merupakan konsumen Resto Ikan Goreng Cianjur Jember, dengan teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Purposive Sampling, yaitu
dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Adapun pertimbangan pengambilan
sampel dalam penelitian ini adalah responden yang pernah melakukan pembelian
di Resto Ikan Goreng Cianjur Jember dan bukan merupakan penyedia jasa titip
seperti gojek dan sejenisnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer dan data sekunder. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini
melalui kuesioner, sedangkan sumber data sekunder yang digunakan dalam
penelitian ini melalui situs web. Metode analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi linear berganda. Hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa
variabel Servicescape, Service Quality, dan Product Quality berpengaruh terhadap
Consumer Satisfaction.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Servicescpe, Service Quality dan
Product Quality berpengaruh signifikan terhadap Consumer Satisfaction Resto Ikan
Goreng Cianjur Jember. Berdasarkan penjelasan diatas Resto Ikan Goreng Cianjur
Jember perlu untuk tetap menjaga semua pelayanan dengan baik agar dapat
meningkatkan probabilitas konsumen yang tetap setia pada Resto Ikan Goreng
Cianjur Jember sesuai dengan harapan perusahaan