• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Blended Learning Tipe Flipped Classroom Untuk Siswa Kelas VIII Smp Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika di Masa Pandemi COVID-19

    Thumbnail
    View/Open
    ANNISA NURUL PRATIWI - 170210101021.pdf (4.683Mb)
    Date
    2021-04-30
    Author
    PRATIWI, Annisa Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Desain pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) menggunakan model Thiagarajan atau biasa dikenal dengan Four D Model. Pemilihan model ini dikarenakan tahapan pengembangan perangkat lebih sistematis serta melibatkan beberapa penilaian para ahli sebelum dilakukan uji coba kepada siswa yang kemudian akan direvisi hingga dapat diuji cobakan. Terdapat empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Metode pengumpulan data meliputi metode observasi, tes dan angket. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 2 Maret 2021. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yaitu soal tes barisan dan deret aritmetika, lembar observasi dan angket respon siswa. Data yang telah diperoleh selanjutnya dilakukan analisis data. Dalam penelitian ini, terdapat analisis validitas instrumen, analisis kepraktisan perangkat pembelajaran dan analisis keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil analisis validasi perangkat pembelajaran yaitu RPP, video pembelajaran dan LKS berturut-turut diperoleh Va 3,8; 3,75; 3,75 dan dinyatakan valid. Instrumen lain seperti pedoman wawancara, soal tes, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa dinyatakan valid dengan nilai berturut 3,67; 3,75; 3,94; 3,89 dan 3,78 . Hasil analisis data Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh SR sebesar 100%. Sehingga dapat disimpulkan keterlaksanaan perangkat pembelajaran sangat baik dan dapat dikatakan perangkat pembelajaran praktis. Adapun hasil analisis data keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal, aktivitas siswa di kelas mendapatkan kriteria yang sangat aktif dengan 𝑃𝑠 sebesar 100% dan respon siswa positif terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian ini, bagi peneliti selanjutnya diharapkan adanya pengembangan penelitian lanjutan. Penelitian ini hanya melihat proses pengembangan dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran. Penelitian selanjutnya dianjurkan pengembangan perangkat pembelajaran yang ditinjau dari self efficacy dan penguasaan konsep siswa
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107947
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository