Pemanfaatan Digitalisasi Dalam Penanganan Disposisi Surat di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (Tpi) Surabaya
Abstract
Penanganan disposisi surat di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya
dilakukan menggunakan sistem digital. Perubahan tersebut terjadi karena
perkembangan teknologi serta adanya pandemi, dimana ada sistem WFH dan
WFO. Oleh karena itu diubahnya sistem penangangan disposisi surat dari manual
menjadi digital dilaksanakan dengan harapan dalam melakukan kegiatan surat
menyurat di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya dapat berjalan lebih
efektif,cepat dan maksimal sehingga dapat meningkatkan kepuasan masyarakat
dalam mendapatkan pelayanan keimigrasian. Berikut merupakan prosedur
pemanfaatan digitalisasi dalam penanganan disposisi surat keluar di Kantor
Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya:
a. Bidang atau seksi yang berkepentingan membuat draf surat dan
dimasukkan ke sistem aplikasi digital kemenkumham
b. Sekretaris Pribadi mengkoreksi surat dan menyetujui untuk didistribusikan
ke Bidang Persuratan.
c. Bidang persuratan menindak lanjuti surat(mendowload surat, memeriksa
surat, memberi nomor surat, membubuhkan tanda tangan serta barcode
penyetuju surat dan men-save-as surat serta diubah menjadi format pdf)
d. Buka sistem aplikasi digital persuratan kemenkumham dan masukkan data
serta file surat yang telah dikoreksi tadi.
e. Selanjutnya Bidang Persuratan akan mendisposisikan surat tersebut sesuai
dengan alamat(bidang) surat yang dituju.
f. Arsipkan surat dengan cara membuka sistem aplikasi digital persuratan
imigrasi dan memasukkan data surat lalu menyimpan data surat.
Sedangkan prosedur pemanfaatan digitalisasi dalam penanganan disposisi
surat masuk di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, antara lain