Show simple item record

dc.contributor.authorROFI'AH
dc.date.accessioned2022-06-28T01:30:06Z
dc.date.available2022-06-28T01:30:06Z
dc.date.issued2021-06-15
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107915
dc.description.abstractPendidikan nasional merupakan pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berfungsi berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Penggunaan kurikulum sebagai pedoman untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dalam proses pembelajaran yang dipegang oleh pemerintah. Berdasarkan hasil wawancara guru biologi di lampiran halaman 88 menyatakan bahwa kurikulum yang saat ini digunakan adalah kurikulum 2013 Revisi akan tetapi karena adanya masa pandemi COVID-19 sehingga guru menggunakan kurikulum darurat COVID-19. Keberadaan kurikulum untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan lingkungan siswa. Rendahnya kualitas pembelajaran terjadi karena rendahnya kualitas pemanfaatan sumber belajar dan selama masa pandemi COVID-19, guru menggunakan sistem pembelajaran secara daring (online) sehingga memerlukan pengembangan bahan ajar yang dapat di akses menggunakan teknologi secara modern dan praktis sesuai dengan tujuan pembelajaran di sekolah. Pengembangan bahan ajar salah satunya dalam pokok bahasan pemanfaatan tumbuhan yang memuat etnobotani kabupaten Situbondo. Berdasarkan hasil angket kebutuhan siswa di halaman 38 dan guru di halaman 39 yang dilaksanakan 15 Desember 2020 kepada siswa dan guru kelas X MIPA SMAN 1 Panarukan memberikan hasil bahwa dalam memahami materi Kingdom Plantae lebih banyak mengalami kendala. Menurut guru biologi, masih belum ada bahan ajar yang memuat pengetahuan tentang etnobotani kabupaten Situbondo. Menurut siswa, bahan ajar yang dipakai mencantumkan terlalu banyak nama latin tumbuhan yang tidak terdapat di lingkungan sekitar, contoh tumbuhan tidak disertai nama lokal, buku yang digunakan kurang menarik, dan sebagian besar siswa belum mengetahui pemanfaatan tumbuhan dalam suatu tradisi atau budaya dikarenakan informasi yang disalurkan hanya secara lisan bukan tertulis. Bahan ajar yang diharapkan menarik dengan bahasa yang ringkas dan padat, banyak gambar/ilustrasi, berwarna, memiliki sumber yang jelas, dan saran guru biologi bahan ajar tersebut memuat nama spesies yang disandingkan dengan bahasa lokal beserta bukti fisik tumbuhan secara detail. Berdasarkan hasil angket tersebut, pengembangan bahan ajar yang sesuai berupa buku nonteks dalam bentuk ebook karena dapat digunakan secara online maupun pembelajaran biasa dalam bentuk cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari pengembangan buku nonteks biologi berbasis pengetahuan etnobotani kabupaten Situbondo untuk pembelajaran materi Kingdom Plantae SMA kelas X. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan 10 tahap yang disederhanakan menjadi 5 tahap sesuai kebutuhan penelitian. Penelitian dilaksanakan di kelas X MIPA SMAN 1 Panarukan Kabupaten Situbondo. Data diperoleh menggunakan hasil observasi, penyebaran angket, hasil validasi, Cloze Test Procedure, Pre-test dan Pos-test, dan dokumentasi. Uji validasi buku nonteks diperoleh dari hasil rata-rata persentase validator ahli materi, pengembangan, media, Bahasa, pengguna, dan validator soal Pre-test dan Pos-test. Tingkat kepraktisan dapat diperoleh berdasarkan hasil angket respon siswa dan angket keterlaksanaan pembelajaran setelah menggunakan buku nonteks dalam kegiatan pembelajaran. Tingkat efektivitas buku nonteks diperoleh berdasarkan hasil analisis pre-test dan pos-test pada materi Kingdom Plantae selama uji coba lapangan menggunakan rumus N-gain (Normalized Gain) untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa setelah menggunakan buku nonteks tersebuten_US
dc.description.sponsorshipDra. Pujiastuti, M.Si ; Dosen Pembimbing Dr. Sulifah Aprilya Hariani., S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBuku Nonteksen_US
dc.subjectBiologien_US
dc.subjectPengetahuan Etnobotanien_US
dc.titlePengembangan Buku Nonteks Biologi Sma Kelas X Berbasis Pengetahuan Etnobotani di Kabupaten Situbondo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record