dc.contributor.author | HADIYANTI, Nur Fitryazizah Dwi | |
dc.date.accessioned | 2022-06-28T01:29:31Z | |
dc.date.available | 2022-06-28T01:29:31Z | |
dc.date.issued | 2021-06 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107908 | |
dc.description.abstract | Sebuah Negara yang maju tidak lepas kaitannya dari mutu sumber daya manusia
(SDM) sebagai penyusun utama didalamnya. SDM yang bermutu merupakan faktor
utama dalam pembangunan era globalisasi saat ini. Pembangunan manusia itu sendiri
didefinisikan sebagai proses perluasan pilihan bagi penduduk ( a process of enlarging
people’s choices )(Badan Pusat Statistik, 2019). Pada tahun 2019, Indeks
Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia mencapai 71,92. Angka ini meningkat sebesar
0,53 poin atau tumbuh sebesar 0,74 persen dibandingkan tahun 2018. Upaya yang bisa
dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia di masa depan akan
berkorelasi dengan upaya dunia pendidikan untuk mencetak generasi emas masa depan
dengan memenuhi tuntutan kemampuan siswa berdasarkan K-21 terutama dalam
bidang matematika, bukan sekedar kemampuan berhitung akan tetapi kemampuan
untuk bisa menalar, berpikir logis dan kritis dalam memecahkan setiap permasalahan
dalam kehidupannya. Kemampuan literasi matematika ini diyakini akan mengalami
peningkatan sejalan dengan peningkatan positif pada kognitif siswa sebagai dampak
pengkondisian pembelajaran yang merangsang proses berfikir siswa untuk bisa
komprehensif menyikapi suatu masalah dalam kehidupannya. STEM-Collaborative
Project Based Learning diyakini akan meningkatkan efektifitas pembelajaran
matematika dalam perbandingan dengan metode klasikal.
Uji coba lapangan dilaksanakan sebanyak dua kali yakni pada kelompok
kecil kemudian pada kelompok besar. Tujuan dari uji coba kelompok kecil adalah
untuk mengetahui keterbacaan perangkat pembelajaran (e-Modul) yakni dapat dibacanya teks serta mudah dipahami. Sedangkan uji coba kelompok besar
dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan efektivitas perangkat pembelajaran.
Penerapan dari perangkat dan e-modul yang dikembangkan menunjukkan
bahwa pembelajaran dengan menggunakan perangkat dan e-modul dengan modul
pembelajaran STEM-Collaborative Project Based Learning mampu menstimulasi
kemampuan literasi matematika pada siswa dengan hasil pengamatan pada indikator
kemampuan literasi matematika siswa dengan rincian capaian masing-masing indikator
dalam hasil tes kemampuan literasi matematika yaitu indikator 1 sebesar 95 %,
indikator 2 sebesar 81,11 % dan indikator 3 sebesar 73,3 % | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Hobri, S.Pd., M.Pd. ; Dosen Pembimbing
Drs. Antonius Cahya P., M.App.Sc., Ph.D. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | E-Modul | en_US |
dc.subject | Program Linear | en_US |
dc.subject | Collaborative Project Based Learning | en_US |
dc.subject | Industri Kreatif | en_US |
dc.subject | Literasi | en_US |
dc.title | Pengembangan E-Modul Program Linear Dengan Stem – Collaborative Project Based Learning Pada Industri Kreatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smk | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |