Show simple item record

dc.contributor.authorHADIYANTI, Nur Fitryazizah Dwi
dc.date.accessioned2022-06-28T01:29:31Z
dc.date.available2022-06-28T01:29:31Z
dc.date.issued2021-06
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107908
dc.description.abstractSebuah Negara yang maju tidak lepas kaitannya dari mutu sumber daya manusia (SDM) sebagai penyusun utama didalamnya. SDM yang bermutu merupakan faktor utama dalam pembangunan era globalisasi saat ini. Pembangunan manusia itu sendiri didefinisikan sebagai proses perluasan pilihan bagi penduduk ( a process of enlarging people’s choices )(Badan Pusat Statistik, 2019). Pada tahun 2019, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia mencapai 71,92. Angka ini meningkat sebesar 0,53 poin atau tumbuh sebesar 0,74 persen dibandingkan tahun 2018. Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia di masa depan akan berkorelasi dengan upaya dunia pendidikan untuk mencetak generasi emas masa depan dengan memenuhi tuntutan kemampuan siswa berdasarkan K-21 terutama dalam bidang matematika, bukan sekedar kemampuan berhitung akan tetapi kemampuan untuk bisa menalar, berpikir logis dan kritis dalam memecahkan setiap permasalahan dalam kehidupannya. Kemampuan literasi matematika ini diyakini akan mengalami peningkatan sejalan dengan peningkatan positif pada kognitif siswa sebagai dampak pengkondisian pembelajaran yang merangsang proses berfikir siswa untuk bisa komprehensif menyikapi suatu masalah dalam kehidupannya. STEM-Collaborative Project Based Learning diyakini akan meningkatkan efektifitas pembelajaran matematika dalam perbandingan dengan metode klasikal. Uji coba lapangan dilaksanakan sebanyak dua kali yakni pada kelompok kecil kemudian pada kelompok besar. Tujuan dari uji coba kelompok kecil adalah untuk mengetahui keterbacaan perangkat pembelajaran (e-Modul) yakni dapat dibacanya teks serta mudah dipahami. Sedangkan uji coba kelompok besar dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan efektivitas perangkat pembelajaran. Penerapan dari perangkat dan e-modul yang dikembangkan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan perangkat dan e-modul dengan modul pembelajaran STEM-Collaborative Project Based Learning mampu menstimulasi kemampuan literasi matematika pada siswa dengan hasil pengamatan pada indikator kemampuan literasi matematika siswa dengan rincian capaian masing-masing indikator dalam hasil tes kemampuan literasi matematika yaitu indikator 1 sebesar 95 %, indikator 2 sebesar 81,11 % dan indikator 3 sebesar 73,3 %en_US
dc.description.sponsorshipDr. Hobri, S.Pd., M.Pd. ; Dosen Pembimbing Drs. Antonius Cahya P., M.App.Sc., Ph.D.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectE-Modulen_US
dc.subjectProgram Linearen_US
dc.subjectCollaborative Project Based Learningen_US
dc.subjectIndustri Kreatifen_US
dc.subjectLiterasien_US
dc.titlePengembangan E-Modul Program Linear Dengan Stem – Collaborative Project Based Learning Pada Industri Kreatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smken_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record