Desain Sistem Pengnedali Motor DC Pada Mobil Listrik Universitas Jember Berbasis Constant Power dan Constant Speed
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat inovasi dan
kreativitas terus dikembangkan terlebih pada dunia otomotif khususnya mobil
listrik. Pada masa sekarang keterbatasan akan bahan bakar fosil menjadikan mobil
listrik dianggap sebagai salah satu alternatif untuk menjawab permasalahan
keterbatasan sumber energi tersebut. Pengembangan mobil listrik dunia utamanya
di indonesia, sudah banyak mengalami kemajuan. Pemerintah juga mendukung
pengembangan mobil listrik dengan diadakannya kompetisi mobil listrik yang
diikuti seluruh perguruan tinggi di indonesia dalam rangka mengembangkan
teknologi mobil listrik dan meningkatkan kreativitas mahasiswa. Salah satu
kompetisi yang diadakan pemerintah adalah Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE).
Perkembangan teknologi mobil listrik tidak akan terlepas dengan
penggunaan motor. Motor Direct Current adalah pilihan yang tepat dan sederhana
untuk sistem penggerak mobil karena memiliki teknik kontrol kecepatan yang
mudah. Motor ini memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah kecepatanya
yang tidak stabil, mengakibatkan arus yang dibutuhkan oleh motor listrik menjadi
tidak stabil. Sehingga akan berpengaruh pada konsumsi daya dan penggunaan
energi sebuah mobil listrik. Sistem pengendali motor pada mobil listrik dikenal
dengan sistem ECU (Electronic Control Unit), dimana ECU ini akan berperan
dalam proses kontrol dan manajemen sistem elektronik pada mobil.
Pada penelitian kali ini peneliti akan menggunakan sistem pengendali motor
DC berbasis Constant Power dan Constant Speed dengan menggunakan sistem
pengendali ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan energi mobil listrik
Sistem pengendali motor DC akan bekerja secara otomatis berdasarkan perubahan
pada kondisi lingkungan. Sehingga sistem pengendali motor DC akan
menyesuaikan motor sesuai dengan daya atau kecepatan yang diinginkan dengan
menambah atau mengurangi nilai duty cycle
Penggunaan sistem pengendali Constant Power tidak cocok digunakan
pada jalan menurun dikarenakan pada saat mobil listrik berjalan menurun daya yang
akan terbaca oleh sistem pengendali kurang dari daya target dengan demikian
sistem pengendali akan terus menerus menambah nilai PWM untuk mengejar daya
target disaat yang bersamaan mobil listrik melaju dengan cepat apabila nilai PWM
terus bertambah nilai kecepatan akan terus bertambah. Berbeda dengan penggunaan
sistem pengendali berbasis Constant Speed, sistem ini dapat digunakan pada jalan
menurun karena jika kecepatan mobil listrik akan bertambah melebihi nilai target
maka sistem pengendali akan menurunkan nilai PWM secara terus menerus hingga
kecepatan yang terukur dapat disesuaikankan dengan nilai target.
Penggunaan Energi paling optimal pada sistem pengendali berbasis
Constant Power didapatkan oleh Constant Power dengan nilai daya target 270
Watt yang mendapatkan nilai penggunaan energi sebesar 84,5 Km/Kwh dengan
waktu tempuh 799 detik Sedangkan Penggunaan Energi paling optimal pada sistem
pengendali berbasis Constant Speed didapatkan oleh Constant Speed dengan nilai
kecepatan target 400 RPM yang mendapatkan nilai penggunaan energi sebesar 79,8
Km/Kwh dengan waktu tempuh 788 detik
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4149]