Pengaruh Customer Meal Experience Model (CMEM) Terhadap Kepuasan Konsumen di Restoran X.O Suki Lippo Plaza Jember
Abstract
Restoran X.O Suki Lippo Plaza Jember merupakan restoran chinese yang
menyajikan empat macam konsep menu chinese food. Pelayanan konsumen sangat
penting dalam sebuah restoran, dimana restoran dituntut untuk mampu memberikan
pengalaman makan yang baik. Kualitas pelayanan dalam sebuah restoran harus
selalu ditingkatkan agar konsumen puas. Restoran harus memperhatikan kepuasan
konsumen dari layanan yang diberikan agar pendapatan dan jumlah konsumen
restoran meningkat, karena pelayanan restoran merupakan kunci utama dalam
interaksi dengan konsumen. Untuk memberikan kepuasan kepada konsumen,
diperlukan kualitas pelayanan yang mampu memberikan pengalaman makan yang
baik. Pengalaman makan yang baik dalam hal ini product, restaurant interior,
personal social meeting, company, dan restaurant atmosphere mampu memberikan
kepuasan kepada konsumen sehingga pendapatan dan jumlah konsumen restoran
meningkat. Konsumen yang datang menikmati makanan dan minuman di restoran
X.O Suki Lippo Plaza Jember tak jarang memiliki ekspektasi atau harapan tinggi
terhadap restoran, sehingga setelah menikmati makan dan minum di restoran
konsumen memiliki pengalaman makan yang kurang dari ekspektasi atau harapan
dan berakibat konsumen tidak puas. Lingkungan restoran harus diperhatikan oleh
manajemen restoran untuk dapat memberikan kepuasan kepada konsumen restoran.
Lingkungan restoran yang baik dalam hal ini restaurant interior dan restaurant
atmosphere apabila lingkungan restoran tersebut aman, nyaman, bersih, dan
menyenangkan bagi konsumen, sehingga dapat memberikan pengalaman positif
dan mampu memberikan kepuasan yang maksimal.
Penelitian ini dilakukan dengan responden yakni konsumen restoran X.O
Suki Lippo Plaza Jember, dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan
sampel. Purposive sampling yaitu penentuan pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun pertimbangan pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah konsumen yang pernah menikmati makanan dan minuman
restoran X.O Suki Lippo Plaza Jember. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer yang digunakan dalam
penelitian ini melalui kuesioner sedangkan sumber data sekunder yang digunakan
dalam penelitian ini melalui studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi linier berganda dengan SPSS.
Hasil menunjukkan bahwa : 1) Product berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan konsumen restoran X.O Suki Lippo Plaza Jember; 2) Restaurant interior
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen restoran X.O Suki
Lippo Plaza Jember; 3) Personal social meeting berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen restoran X.O Suki Lippo Plaza Jember; 4) Company
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen restoran X.O Suki
Lippo Plaza Jember; dan 5) Restaurant atmosphere tidak berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen restoran X.O Suki Lippo Plaza Jember.