Show simple item record

dc.contributor.authorKURNIAWAN, Bernadus Rosi Tri
dc.date.accessioned2022-06-27T16:48:52Z
dc.date.available2022-06-27T16:48:52Z
dc.date.issued2021-09-17
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107841
dc.description.abstractPendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu upaya dari penyelenggaraan dari pendidikan yang lebih menitik beratkan pada pertumbuhan dan perkembangan. Salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan terhadap anak secara maksimal adalah pada kemampuan fisik motorik. Keterampilan motorik dibagi menjadi dua yaitu keterampilan motorik kasar dan keterampilan motorik halus. Motorik kasar merupakan gerakan pada tubuh yang menggunakan otot-otot besar yang sebagian besar pada seluruh anggota tubuh seseorang yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri, Sedangkan motorik halus yaitu gerakan yang menggunakan otot-otot kecil atau hanya sebagian anggota tubuh tertentu, yang dipengaruhi oleh kesempatan dalam berlatih dan belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan di TK Negeri Pembina Kabupaten Lumajang, telah diperoleh data bahwa kemampuan motorik halus anak di kelas B3 beberapa masih belum sepenuhnya berkembang baik. Hal ini terbukti saat anak menulis huruf, menggambar bentuk dan mewarnai cenderung belum mencapai target yang diharapkan, yaitu anak masih belum bisa menulis dengan rapi, menggambar, mewarnai, dan rendahnya kemampuan ini belum maksimal karena dalam menggerakkan jari-jari tangan masih kaku yaitu saat memegang alat tulis masih belum benar. Salah satu yang bisa dilakukan dalam stimulasi ini adalah lewat kegiatan doodle art. Kegiatan doodle art adalah kreativitas secara spontan, dapat pula dilakukan sendiri oleh anak meskipun tanpa bantuan orang dewasa, namun jika anak diberikan pendampingan dan bimbingan maka anak akan mendapatkan hasil maksimal sesuai harapan. Rumuskan masalah penelitiannya yaitu “bagaimanakah pengaruh kegiatan doodle art sederhana terhadap kemampuan motorik halus kelompok B3 di tk negeri pembina kabupaten lumajang tahun ajaran 2020/2021?”. Tujuan dari penelelitian ini yaitu “mengetahui pengaruh kegiatan doodle art sederhana terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B3 di TK negeri pembina kabupaten lumajang tahun ajaran 2020/2021” Jenis penelitian yang digunakan peneliti menggunakan eksperimental dan pola penelitian yang dilakukan adalah jenis Quasi Eksperimental dan menggunakan rancangan Non-Equivalent Control Group. Penelitian eksperimental yaitu berusaha untuk mengkaji apakah ada atau tidak hubungan antara sebab dan akibat pada perlakuan yang diberikan dan dampak yang ditimbulkan (Masyhud, 2016:138). Penelitian ini pula ditujukan agar mengetahui sebuah pengaruh kegiatan doodle art sederhana terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B3 di TK Negeri Pembina Kabupaten Lumajang tahun ajaran 2020/2021. Sumber data dari penelitian ini adalah diperoleh dari (1) Anak Kelompok B3 di TK Negeri Pembina Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021, (2) Informasi dari guru kelompok B3 di TK Negeri Pembina Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021, (3) Dokumentasi dan arsip-arsip di TK Negeri Pembina Kabupaten Lumajang. Berdasarkan dari hasil uji t-test yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa thitung sebesar 2,384 hasil tersebut kemudian akan dikonsultasikan pada ttabel. Kemudian diketahui df= n-2 maka df = 20-2 = 18 pada taraf signifikan 5%, sehingga ttabel= 2,100 sehingga dapat dikatakan bahwa thitung> ttabel yaitu 2,384 > 2,100. Berdasarkan dari hasil diatas dapat diketahui bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan pada hipotesis alternatif (Ha) diterima yang jika disimpulkan artinya ada pengaruh kegiatan doodle art sederhana terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B3 di TK Negeri Pembina Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang. Saran yang dapat disampaikan adalah Guru dapat menjadikan sebuah kegiatan doodle art sederhana dalam penelitian ini sebagai salah satu sarana kegiatan agar dapat mengembangkan pembelajaranen_US
dc.description.sponsorshipDr. Nanik Yuliati, M.Pd ; Dosen Pembimbing Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectDoodle Arten_US
dc.subjectKemampuan Motoriken_US
dc.subjectTKen_US
dc.titlePengaruh Kegiatan Doodle Art Sederhana Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok b3 di TK Negeri Pembina Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record