dc.description.abstract | Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu yang mempelajari tentang
sebuah proses, fenomena dan gejala yang terjadi di alam sekitar dengan
berlandasakan serangkaian proses ilmiah. Pembelajaran IPA di sekolah tidak hanya
ditekankan untuk memahami konsep sains semata, melainkan diarahkan pada efek
iringan pembelajaran yang salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis.
Seorang individu dengan kemampuan berpikir kritis mampu melihat dan
memecahkan masalah yang dia temukan. Namun dalam praktek di lapangan, guru
kurang memfasilitasi peserta didik dalam melatihkan kemampuan berpikir kritis.
Pembelajaran yang dilakukan, cenderung hanya memberi informasi dari satu
sumber yaitu guru, sehingga pembelajaran akan menjadi pasif dan membosankan.
Hal ini dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran IPA. Moodle merupakan salah satu media pengajaran online yang
dapat digunakan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Selain
itu, guru juga dapat mengelola pembelajaran dengan mudah, menarik, dan lebih
baik lagi dari pembelajaran konvensional, karena di dalam moodle dilengkapi
dengan beberapa fitur seperti Assignment, chat, forum, dan quiz, sehingga dengan
menggunakan moodle dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa
SMP.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk (1) mengkaji pengaruh penggunaan
Moodle dalam pembelajaran IPA materi cahaya dan alat optik terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa SMP, dan untuk (2) mengkaji pengaruh penggunaan Moodle
dalam pembelajaran IPA materi cahaya dan alat optik terhadap hasil belajar siswa
SMP.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian adalah
Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purwoharjo. Sampel kelas dipilih dengan menggunakan
metode purposive sampling dengan ketentuan yaitu 90% siswa dalam satu kelas
memiliki android dan bisa mengoperasikannya. Sampel dalam penelitian ini
mengambil 2 kelas yaitu: kelas VIII A sebagai kelas eksperimen terdiri atas 28
siswa, sedangkan kelas VIII B sebagai kelas kontrol terdiri atas 28 siswa. Penelitian
ini dilakukan pada materi cahaya dan alat optik yang dipelajari oleh siswa kelas
VIII di SMP Negeri 1 Purwoharjo pada semester genap tahun ajaran 2020/2021.
Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa
menggunakan tes dan non tes. Intrumen utama penelitian ini yaitu soal tes dan non
tes. sedangkan instrument pendukung berupa wawancara dan dokumentasi. Setelah
data terkumpul lengkap, selanjutnya dilakukan analisis statistik dengan uji
Independent Sample T-test dan dilanjutkan dengan Uji t-pihak kanan. Uji
Independent Sample T-test dapat dilakukan dengan syarat uji normalitas dan
homogenitas harus dipenuhi. Apabila data yang didapatkan tidak berdistribusi
normal maka setelah uji normalitas akan dilanjutkan dengan uji Mann Whitney U test.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata
kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Nilai uji t-pihak kanan untuk kemampuan berpikir kritis siswa
menunjukkan bahwa thitung sebesar 8,908 > ttabel sebesar 1,684, maka dapat
dinyatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih
baik dari pada kelas kontrol. Dan nilai uji Mann Whitney U-test pada hasil belajar
ranah pengetahuan menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) < 0,05,
sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar
ranah pengetahuan peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan nilai
uji t-pihak kanan pada hasil belajar ranah keterampilan menunjukkan bahwa nilai
thitung sebesar 4,991 > ttabel sebesar 1,684, maka dapat dinyatakan bahwa nilai rata rata hasil belajar ranah keterampilan kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas
kontrol.
Berdasarkan analisis data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1)
Pembelajaran IPA materi cahaya dan alat optik dengan menggunakan moodle pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa
SMP | en_US |