Pengaruh Model Pembelajaran Analisis Lapangan dan Laboratorium (Mpall) pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP
Abstract
Pembelajaran IPA seyogyanya dapat menuntun siswa untuk mampu dalam
berperan aktif, berpikir kritis dan terlibat secara langsung. Pembelajaran IPA
berkaitan dengan cara-cara memahami tentang alam serta hubungannya dengan
lingkungan di sekitarnya. Pembelajaran IPA dapat diperoleh dengan
menghubungkan materi dengan konsep pembelajaran yang ada dalam kehidupan
sehari-hari. Salah dari satu materi dalam pembelajaran IPA yaitu interaksi makhluk
hidup dengan lingkungan. Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan merupakan
materi yang banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari yang terdapat pada
lingkungan sekitar, namun masih banyak siswa yang masih kurang mampu dalam
mengomunikasikan masalah yang diberikan, selain itu siswa juga kurang mampu
dalam menghubungkan materi dengan konsep dari materi interaksi makhluk hidup
dengan lingkungan. Hal tersebut terjadi karena pembelajaran siswa lebih banyak
mendapatkan informasi dan catatan yang diberikan oleh guru, sehingga siswa tidak
memiliki keterlibatan secara langsung dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu
adanya inovasi dalam proses pembelajaran guna untuk membangun keaktifan
aktivitas siswa serta membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi dan
pengaplikasian konsep dalam lingkungan sekitar yaitu dengan menggunakan model
pembelajaran analisis lapangan dan laboratorium (MPALL).
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran
analisia lapangan dan laboratorium (MPALL) pada materi interaksi makhluk hidup
dengan lingkungan terhadap keterampilan berfikir kritis siswa SMP, dan (2)
mengkaji pengaruh model pembelajaran analisis lapangan dan laboratorium
(MPALL) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap hasil
belajar siswa SMP.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan
desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Penelitian dilaksanakan di SMP
Negeri 1 Purwoharjo pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 dengan
menggunakan model pembelajaran analisis lapangan dan laboratorium (MPALL)
pada kelas eksperimen. Populasi pada penilitian ini adalah selurih siswa kelas VII
SMP semester genap. Sampel pada penilitian ini adalah dengan menggunakan satu
kelas yaitu kelas eksperimen. Teknik dan instrument pengumpulan data dibagi
menjadi dua yaitu teknik dan instrumen data utama serta teknik dan pengumpulan
data pendukung. Teknik pengumpulan data utama dilakukan dengan menggunakan
tes yang sesuai dengan indikator yang ada pada materi interkasi makhluk hidup
dengan lingkungan yaitu berupa tes hasil belajar kognitif dan tes keterampilan
berpikir kritis. Tes dilakukan secara individu dimana tes dilakukan sebelum
pembelajaran (pretest) dan tes sesudah (post-test) dilakukan sesudah proses
pembelajaran. Teknik dan instrumen pendukung yang digunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang
digunakan untuk memperoleh data-data pada penelitian ini adalah menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji-t pihak kanan.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa:
(1) Ada pengaruh model pembelajaran analisis lapangan dan laboratorium
(MPALL) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa IPA SMP. (2) Ada pengaruh model pembelajaran
analisis lapangan dan laboratorium (MPALL) pada materi interaksi makhluk hidup
dengan lingkungan terhadap hasil belajar siswa IPA SMP