Show simple item record

dc.contributor.authorSAVITRI, Ananda Intan
dc.date.accessioned2022-06-27T16:28:26Z
dc.date.available2022-06-27T16:28:26Z
dc.date.issued2021-08-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107802
dc.description.abstractPembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dirancang sebagai pembelajaran berbasis teks dalam kurikulum 2013. Sesuai dengan rancangan tersebut, menulis menjadi keterampilan berbahasa yang wajib dikuasai siswa.Keterampilan menulis berbagai genre teks merupakan kompetensi akhir dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kurikulum 2013. Salah satu jenis teks yang terdapat dalam kurikulum 2013 yaitu teks eksplanasi. Temuan hasil observasi di SMAN 2 Kota Probolinggo, keterampilan menulis siswa di sekolah tersebut masih rendah, khususnya pada pembelajaran menulis teks eksplanasi. Rendahnya kompetensi siswa dalam menulis teks eksplanasi terlihar dari mayoritas nilai yang masih kurang dari 78 (KKM). Hal ini mengindikasikan kelemahan siswa dalam materi menulis teks eksplanasi. Kesulitan siswa dalam materi tersebut berupa kurang mampu dalam mengorganisasikan ide dengan baik, pengembangan kerangka karangan, dan penyusunan kalimat serta kosakata yang digunakan masih terbatas. Selain itu, siswa belum meguasai penggunaan EYD yang tepat dan cenderung pasif dalam aktivitas pembelajaran menulis teks eksplanasi, serta minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi masih kurang. Penelitian ini bermaksud memperbaiki permasalahan rendahnya keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI IPS 2 SMAN 2 Kota Probolinggo dengan metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) mendorong siswa untuk memecahkan masalah dalam situasi nyata serta kemampuan membangun pengetahuannya sendiri. Siswa ditempatkan pada posisi sangat dominan yaitu semua siswa dalam setiap kelompok diharuskan untuk berusaha memahami dan menguasai materi yang sedang diajarkan dan selalu aktif agar menciptakan suasana pembelajaran yang semangat sehingga berdampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Keterampilan menulis siswa kelas XI IPS 2 SMAN 2 Kota Probolinggo dalam menulis teks eksplanasi meningkat setelah diterapkannya metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil menulis teks eksplanasi siswa mulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus terdapat 19 siswa (65,5%) yang mencapai ketuntasan hasil belajar, sedangkan siswa yang tidak mencapai ketuntasan hasil belajar sebanyak 10 siswa (34,5%). Pada siklus I, terjadi peningkatan siswa yang mencapai nilai ketuntasan yaitu menjadi 21 siswa (72,4%). Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar sebanyak 27 siswa (93,1%) dan sisanya, sebanyak 2 siswa (6,9%) belum mencapai ketuntasan hasil belajar. Hal tersebut menunjukkan keberhasilan penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan siswa kelas XI IPS 2 SMAN2 Kota Probolinggo dalam menulis teks eksplanasi.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Muji, M.Pd. ; Dosen Pembimbing Bambang Edi Pornomo, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKeterampilan Menulisen_US
dc.subjectTeks Eksplanasien_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.titleMeningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas XI Ips 2 Sman 2 Kota Probolinggoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record