dc.description.abstract | Pendidikan selama masa pandemi yang dilaksanakan secara online
mengharuskan pendidik dapat menggunakan media dan alat belajar yang berbasis
online untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Google Meet dengan media
Power Point dan Whatsapp dengan media Video Youtube digunakan sebagai alat
bantu selama pembelajaran daring. Penggunaan Google Meet dengan media
Power Point dan Whatsapp dengan media Video Youtube tersebut pendidik dapat
maksimal dalam menyampaikan materi. Media dan alat yang digunakan selama
pembelajaran daring memiliki pengaruh pada proses dan hasil belajar peserta
didik tersebut. Pemanfaatan tekhnologi diharapkan dapat menjadi alternatif dalam
menyelesaikan permasalahan pendidikan yang dilakukan secara daring, karena
dapat memudahkan proses pembelajaran yang tidak terbatas tempat dan waktu.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan yang
signifikan hasil belajar matematika pokok bahasan keliling bangun datar dalam
pembelajaran daring antara kelas yang menggunakan whatsapp media video
youtube dibandingkan dengan kelas yang menggunakan google meet media power
point pada peserta didik kelas IV SDN Sebaung 1 Probolinggo. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan
hasil belajar matematika pokok bahasan keliling bangun datar dalam pembelajaran
daring antara kelas yang menggunakan whatsapp media video youtube
dibandingkan dengan kelas yang menggunakan google meet media power point
pada peserta didik kelas IV SDN sebaung 1 probolinggo.
Penelitian ini dilakukan di SDN Sebaung 1 Probolinggo. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian
ex-post-facto. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal test yaitu pre-test dan posttest yang sudah divalidasi oleh dua validator. Penelitian
dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Responden dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 54 peserta
didik.
Pada tahap awal penelitian, dilakukan pre-test untuk mengetahui
kemampuan awal peserta didik sebelum dilakukan pembelajaran pada masing masing kelas. Rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum pembelajaran pada
kelas IVA yang menggunakan Google Meet sebesar 75,92 dan pada kelas IVB
yang menggunakan Video Youtube sebesar 67,96. Selanjutnya dilakukan
pembelajaran matematika menggunakan media Google Meet pada kelas IVA dan
Video Youtube pada kelas IVB. Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan
Video Youtube dan Google Meet kemudian dilakukan tes untuk mengukur
kemampuan peserta didik setelah pembelajaran. Nilai posttest yang diperoleh
antara kelas yang menggunakan Google Meet yaitu 86,85 dengan kelas yang
menggunakan Video Youtube yaitu 75,92. Berdasarkan hasil tersebut kemudian
dilakukan uji t menggunakan SPSS versi 23, maka diperoleh thitung sebesar 5,614
yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel db = 52 pada taraf signifikansi 5%
adalah 1,674. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 5,614 > 1,674,
sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil
belajar matematika pokok bahasan keliling bangun datar dalam pembelajaran
daring antara kelas yang menggunakan whatsapp dengan media video youtube
dibandingkan dengan kelas yang menggunakan google meet dengan media power
point pada peserta didik kelas IV SDN sebaung 1 probolinggo.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil tes yaitu pre-test
dan postest maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil
belajar matematika pokok bahasan keliling bangun datar dalam pembelajaran
daring antara kelas yang menggunakan whatsapp dengan media video youtube
dibandingkan dengan kelas yang menggunakan google meet dengan media power
point pada peserta didik kelas IV SDN sebaung 1 probolinggo tahun ajaran
2020/2021. | en_US |