Show simple item record

dc.contributor.authorALIFIAH, Rela Ciptaning
dc.date.accessioned2022-06-27T16:19:35Z
dc.date.available2022-06-27T16:19:35Z
dc.date.issued2021-10-07
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107780
dc.description.abstractPendidikan selama masa pandemi yang dilaksanakan secara online mengharuskan pendidik dapat menggunakan media dan alat belajar yang berbasis online untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Google Meet dengan media Power Point dan Whatsapp dengan media Video Youtube digunakan sebagai alat bantu selama pembelajaran daring. Penggunaan Google Meet dengan media Power Point dan Whatsapp dengan media Video Youtube tersebut pendidik dapat maksimal dalam menyampaikan materi. Media dan alat yang digunakan selama pembelajaran daring memiliki pengaruh pada proses dan hasil belajar peserta didik tersebut. Pemanfaatan tekhnologi diharapkan dapat menjadi alternatif dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan yang dilakukan secara daring, karena dapat memudahkan proses pembelajaran yang tidak terbatas tempat dan waktu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pokok bahasan keliling bangun datar dalam pembelajaran daring antara kelas yang menggunakan whatsapp media video youtube dibandingkan dengan kelas yang menggunakan google meet media power point pada peserta didik kelas IV SDN Sebaung 1 Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pokok bahasan keliling bangun datar dalam pembelajaran daring antara kelas yang menggunakan whatsapp media video youtube dibandingkan dengan kelas yang menggunakan google meet media power point pada peserta didik kelas IV SDN sebaung 1 probolinggo. Penelitian ini dilakukan di SDN Sebaung 1 Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian ex-post-facto. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal test yaitu pre-test dan posttest yang sudah divalidasi oleh dua validator. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 54 peserta didik. Pada tahap awal penelitian, dilakukan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik sebelum dilakukan pembelajaran pada masing masing kelas. Rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum pembelajaran pada kelas IVA yang menggunakan Google Meet sebesar 75,92 dan pada kelas IVB yang menggunakan Video Youtube sebesar 67,96. Selanjutnya dilakukan pembelajaran matematika menggunakan media Google Meet pada kelas IVA dan Video Youtube pada kelas IVB. Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Video Youtube dan Google Meet kemudian dilakukan tes untuk mengukur kemampuan peserta didik setelah pembelajaran. Nilai posttest yang diperoleh antara kelas yang menggunakan Google Meet yaitu 86,85 dengan kelas yang menggunakan Video Youtube yaitu 75,92. Berdasarkan hasil tersebut kemudian dilakukan uji t menggunakan SPSS versi 23, maka diperoleh thitung sebesar 5,614 yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel db = 52 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,674. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 5,614 > 1,674, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pokok bahasan keliling bangun datar dalam pembelajaran daring antara kelas yang menggunakan whatsapp dengan media video youtube dibandingkan dengan kelas yang menggunakan google meet dengan media power point pada peserta didik kelas IV SDN sebaung 1 probolinggo. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil tes yaitu pre-test dan postest maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pokok bahasan keliling bangun datar dalam pembelajaran daring antara kelas yang menggunakan whatsapp dengan media video youtube dibandingkan dengan kelas yang menggunakan google meet dengan media power point pada peserta didik kelas IV SDN sebaung 1 probolinggo tahun ajaran 2020/2021.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Nuriman, Ph.D (Dosen Pembimbing) Ridho Alfarisi S.Pd, (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectHasil Belajar Matematikaen_US
dc.subjectMedia Video Youtubeen_US
dc.titlePerbandingan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Keliling Bangun Datar Dalam Pembelajaran Daring Antara Kelas Yang Menggunakan Whatsapp Media Video YOUTUBE Dengan Kelas Yang Menggunakan Google Meet Media Power Point pada Peserta Didik Kelas Iv Sdn Sebaung 1 Probolinggoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record