• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Polya Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Pecahan Kelas v Di Sdn Antirogo 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Nuriani Dewi Novianti - 170210204042.pdf (3.512Mb)
    Date
    2021-09-21
    Author
    NOVIANTI, Nuriani Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan mata pelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam menemukan, menganalisis, dan memecahkan masalah. Pemecahan masalah dalam matematika biasanya ditemukan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Materi matematika mempunyai banyak hubungan dengan kehidupan siswa. Contohnya pada materi luas dan keliling, siswa dapat memecahkan masalah terkait luas dan keliling suatu ruangan, begitu juga dengan materi pecahan. Masalah terkait materi pecahan dijumpai siswa dalam kegiatan jual beli. Jika siswa salah dalam konsep pecahan, maka siswa tidak bisa menyelesaikan permasalahan. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dapat dilihat melalui bagaimana cara siswa menyelesaikan masalah tersebut. Cara atau metode yang dapat digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah dalam pembelajaran matematika dapat menggunakan metode Polya. Metode Polya merupakan salah satu metode yang bisa digunakan siswa untuk menyelesaikan masalah, namun masih banyak siswa yang tidak mengetahui cara yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah sehingga kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dapat dibilang rendah. Berdasarkan permasalahan di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode Polya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pecahan kelas V di SDN Antirogo 01. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pecahan kelas V di SDN Antirogo 01 Jember menggunakan metode Polya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK yaitu penilaian tindakan kelas, dimana terdapat dua siklus yang harus dilakukan dalam penelitian. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Siklus I dalam penelitian ini melaksanakan pembelajaran matematika dengan metode yang biasa dilakukan siswa untuk menyelesaikan masalah matematika, pada akhir siklus diberikan soal tes pada siswa untuk mengumpulkan data. Pada siklus II, pembelajaran matematika dilakukan dengan menerapkan metode Polya untuk menyelesaikan masalah matematika yang disajikan dalam soal cerita pada materi pecahan. Soal tes telah lulus validasi dari para ahli dengan kategori layak sehingga dapat dilakukan uji coba. Reliabilitas soal juga mendapatkan kategori reliabilitas dimana hasil reliabiltas lebih besar daripada t tabel. Data yang diperoleh pada siklus I yaitu nilai rata-rata siswa dalam mengerjakan soal tes yang diberikan. Besar nilai rata-rata siswa dalam soal tes I yaitu 37. Tes yang diberikan pada siswa di siklus II menunjukkan hasil yang berbeda. Nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu 65,7. Jika dibandingkan dengan siklus I, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa metode Polya yang diterapkan dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pecahan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Polya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa pada materi pecahan kelas V di SDN Antirogo 01. Saran dari penelitian ini yaitu bagi peneliti lain diharapkan dapat melakukan metode pembelajaran yang lebih menarik dengan mengintegrasikan metode Polya, serta media pembelajaran yang lebih kreatif dan efekti sehingga siswa tertarik dan lebih aktif dalam pembelajaran matematika. Selain itu, peneliti lain juga diharapkan dapat mengantisipasi adanya kendala yang disebabkan oleh unsur tertentu sehingga tidak menjadi kendala dalam penelitian.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107769
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository