Pengaruh Penggunaan Cloud Classroom Ccr pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya Terhadap Keterampilan Komunikasi Dan Berpikir Kritis Siswa Smp
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau natural science adalah suatu ilmu yang
mempelajari tentang gejala alam dan peristiwa yang ada di dalamnya. Proses
pembelajaran IPA dapat mengembangkan tiga aspek penting siswa, yaitu
pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Dengan adanya teknologi dalam
pendidikan maka pembelajaran dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan)
menggunakan internet. Salah satu pembelajaran yang memanfaatkan internet
adalah pembelajaran e-learning. Pembelajaran dengan menggunakan e-learning
memberikan kemudahan berupa pembelajaran yang fleksibel, lebih interaktif,
dinamis, dan komunikatif antara guru dan siswa. Pembelajaran e-learning antara
lain dapat dilaksanakan dengan menggunakan Cloud Classroom (CCR).
Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengkaji pengaruh penggunaan Cloud
Classroom (CCR) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya
terhadap keterampilan komunikasi siswa SMP, dan (2) mengkaji pengaruh
penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi interaksi makhluk hidup
dengan lingkungannya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain
penelitian post-test only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP
Negeri 1 Purwoharjo pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 secara daring
menggunakan Cloud Classroom (CCR) pada kelas eksperimen dan Google
Classroom pada kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII B sebagai
kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan
data untuk keterampilan komunikasi adalah menggunakan observasi dan untuk
berpikir kritis menggunakan tes. Instrumen utama penelitian ini yaitu lembar
observasi dan soal tes. Sedangkan instrumen pendukung penelitian ini adalah
lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan wawancara. Teknik analisis
data untuk menjawab rumusan masalah pertama dengan uji Mann-Whitney U.
Sedangkan untuk menjawab rumusan masalah kedua dengan menggunakan uji
independent sample t-test yang kedua data tersebut diolah berbantuan SPSS versi
22.
Hasil penelitian untuk menguji hipotesis pertama diperoleh data observasi
yang tidak berdistribusi normal. Data observasi kemudian dilanjutkan dengan uji
Mann-Whitney U dan diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga
dapat dinyatakan memiliki perbedaan secara signifikan rata-rata observasi kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Oleh karena itu, penggunaan Cloud Classroom
(CCR) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkunganya berpengaruh
signifikan terhadap keterampilan komunikasi siswa SMP. Selanjutnya untuk
menguji hipotesis kedua diperoleh data yang berdistribusi normal sehingga
dilakukan uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed)
0,007 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan memiliki perbedaan secara signifikan
rata-rata skor post-test berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Selanjutnya dilakukan uji t-pihak kanan dan diperoleh hasil thitung (2,837) ≥ ttabel
(1,677) maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya skor rata-rata berpikir kritis
kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol sehingga penggunaan
Cloud Classroom (CCR) pada materi interaksi makhluk hidup dengan
lingkunganya berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa
SMP.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa:
(1) penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi interaksi makhluk hidup
dengan lingkungannya berpengaruh signifikan terhadap keterampilan komunikasi
siswa SMP. (2) Penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi interaksi
makhluk hidup dengan lingkungannya berpengaruh signifikan terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa SMP.