Analisis Mise en Scene pada Figur Maudy Ayunda dalam Iklan Lux Purpose
Abstract
Iklan adalah salah satu alat komunikasi massa yang memiliki banyak
kelebihan. Berbagai kelebihan iklan antara lain, sebagai pemberi informasi
terhadap suatu produk, menjangkau audien yang sangat luas, mengenalkan suatu
produk, menciptakan pandangan mengenai suatu produk, menjelaskan suatu
fenomena yang terjadi di masyarakat, dan memperkuat produk. Iklan Lux Purpose
dipilih karena penulis melihat adanya informasi yang diciptakan dan ingin
disampaikan oleh produsen lewat aspek-aspek visual yang terlihat pada iklan
tersebut. Hal menarik yang terdapat dalam iklan ini adalah karena secara aspek
visual yang dimiliki, iklan Lux Purpose ini memiliki kekuatan mise en scene
seperti gestur pemainnya, penggunaan kostum dan riasan, setting, dan juga
pencahayaan dalam menciptakan stereotip perempuan dalam iklannya. Aspek
mise en scene menjadi menarik untuk dikaji sebagai pendukung dari terciptanya
gambaran tentang stereotip terhadap citra perempuan Indonesia pada figur Maudy.
Pemilihan aspek mise en scene seperti pada penggunaan tata rias dan busana
serta pergerakan pemainnya dimaksudkan karena menurut penulis, beberapa aspek
yang dipilih tersebutlah yang paling menonjol dan nampak, dan paling
mendukung terciptanya anggapan tersebut sehingga penulis lebih mudah
mendapatkan data untuk analisisnya walaupun aspek lain seperti setting dan
pencahayaan pun juga akan membantu mendukung dalam perolehan datanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara iklan Lux bekerja dalam
menggambarkan stereotip terhadap citra perempuan Indonesia yang seperti apa
melalui unsur-unsur pembentuk iklannya seperti gestur pemain, kostum dan tata
rias, juga setting dan pencahayaan.