• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Inovasi Promosi Online Sebagai Strategi Branding Wisata Air Terjun Lider Studi Deskriptif di Dusun Lider, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Mohammad Rizky Adhe Nugraha - 150910302045.pdf (5.103Mb)
    Date
    2021-07-09
    Author
    NUGRAHA, Mohammad Rizky Adhe
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berfokus pada ide inovasi yang dilakukan oleh pokdarwis Lider guna mengembangkan wisata air terjun Lider. Ide inovasi diimplementasikan melalui kegiatan promosi via media online. Pendekatan pelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan melalui uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Dalam penelitian ini digunakan teori difusi inovasi yang ditawarkan oleh Everett M.Rogers. Rogers menjelaskan bahwa terdapat lima tahapan dalam melakukan difusi inovasi. Tahap pertama adalah pengenalan yang dilakukan dengan cara sosialisasi ide. Kemudian tahap kedua adalah tahap persuasi. Pada tahap tersebut, penggagas berupaya untuk meyakinkan orang-orang bahwa ide inovasinya akan membawa dampak yang baik dan signifikan. Tahap persuasi akan membawa pada keputusan terkait diterima atau ditolaknya ide inovasi. Setelah tahap persuasi maka beralih ke tahap keputusan. Tahap keputusan memberika keputusan akhir terkait diterima atau ditolaknya ide inovasi yang ada. Dalam hal ini adalah ide inovasi pengembangan air terjun Lider melalui promosi media online. Pada penelitian ini, orang-orang memutuskan untuk menerima ide inovasi pengembangan air terjun Lider melalui promosi media online. Setelah keputusan diambil, maka ide inovasi diimplementasikan dengan munculnya berbagai media sosial (instagram, facebook, Google Bisnis) wisata air terjun Lider. Selanjutnya sampailah pada tahap akhir difusi inovasi yaitu tahap penegasan. Pada tahap ini pokdarwis Lider melakukan berbagai kolaborasi dengan berbagai pihak guna semakin meyakinkan dan memaksimalkan ide inovasi yang dijalankan. Harapannya adalah memperoleh output yang maksimal melalui peningkatan pengunjung wisata air terjun Lider. Kesimpulan dari ide difusi inovasi yang dilakukan dalam pengembangan wisata air terjun Lider adalah difusi inovasi mengalami keberhasilan. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan jumlah pengunjung wisata air terjun Lider. Pada tahun 2015 jumlah pengunjung wisata air terjun Lider sebanyak 14.426 pengunjung dan meningkat hingga 19.322 pengunjung pada tahun 2019. Penigkatan jumlah pengunjung tersebut dapat diindikasikan sebagai salah satu keberhasilan dari ide difusi inovasi yang dicetuskan dan dijalankan sesuai dengan tahapan yang dikemukakan oleh Rogers.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107757
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository