• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas X Akuntansi 2-B SMK Manbaul Ulum Muncar Kabupaten Banyuwangi Kompetensi Dasar Jurnal Umum Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    Mohammad Nasrul Huda-140210301076.pdf (5.902Mb)
    Date
    2021-07-22
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2-B di SMK Manbaul Ulum Muncar Kabupaten Banyuwangi masih perlu untuk ditingkatkan. Hasil belajar yang rendah ini ditunjukan dengan nilai ulangan harian pada kompetensi dasar sebelumnya persamaan dasar akuntansi yang memiliki nilai paling rendah dari kelas lainnya yakni 68,4 serta ketuntasan klasikal 37%. Salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan yang selama ini proses pembelajaran hanya berpusat kepada guru sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran akuntansi pada KD jurnal umum, yaitu metode pembelajaran drill. Penerapan metode tersebut diharapkan dapat membantu agar siswa lebih aktif selama proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam analisis pencatatan jurnal umum. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2-B SMK Manbaul Ulum Muncar KD jurnal umum Semester Genap tahun ajaran 2020/2021, serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2- B SMK Manbaul Ulum Muncar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107756
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository