PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas X Akuntansi 2-B SMK Manbaul Ulum Muncar Kabupaten Banyuwangi Kompetensi Dasar Jurnal Umum Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021
Date
2021-07-22Metadata
Show full item recordAbstract
Hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2-B di SMK Manbaul Ulum
Muncar Kabupaten Banyuwangi masih perlu untuk ditingkatkan. Hasil belajar
yang rendah ini ditunjukan dengan nilai ulangan harian pada kompetensi dasar
sebelumnya persamaan dasar akuntansi yang memiliki nilai paling rendah dari
kelas lainnya yakni 68,4 serta ketuntasan klasikal 37%. Salah satu faktor
penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan yang selama ini
proses pembelajaran hanya berpusat kepada guru sehingga siswa kurang terlibat
aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan metode
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran akuntansi pada KD
jurnal umum, yaitu metode pembelajaran drill. Penerapan metode tersebut
diharapkan dapat membantu agar siswa lebih aktif selama proses pembelajaran
dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam analisis pencatatan jurnal umum.
Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode
pembelajaran drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2-B
SMK Manbaul Ulum Muncar KD jurnal umum Semester Genap tahun ajaran
2020/2021, serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2-
B SMK Manbaul Ulum Muncar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian
ini menggunakan analisis data secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu
memaparkan data yang diperoleh peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan.