Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh GCG terhadap
nilai perusahaan, pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan, pengaruh profitabilitas
sebagai variabel moderating dalam hubungan antara GCG dan nilai perusahaan,
dan pengaruh profitabilitas sebagai variabel moderating dalam hubungan antara
CSR dan nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis Moderate
Regression Analysis (MRA). Sampel penelitian yaitu sebanyak 19 perusahaan
sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
periode 2017-2019. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling
dengan kriteria yang telah ditetapkan. GCG diproksi dengan menggunakan
Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional, Profitabilitas diproksi
dengan menggunakan Return on Assets (ROA), dan Nilai Perusahaan diproksi
dengan menggunakan Price to Book Value (PBV). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh negatif dan signifikan
terhadap nilai perusahaan, kepemilikan institusional berpengaruh positif dan
signifikan terhadap nilai perusahaan, CSR tidak berpengaruh secara signifikan
terhadap nilai perusahaan, profitabilitas sebagai variabel moderating mampu
memperkuat hubungan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan,
profitabilitas sebagai variabel moderating mampu memperlemah hubungan
kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas tidak
mampu bertindak sebagai variabel moderating dalam hubungan CSR terhadap
nilai perusahaan.