Show simple item record

dc.contributor.authorDEWI, Masruroh Dyah Ayu Sari
dc.date.accessioned2022-06-27T16:08:48Z
dc.date.available2022-06-27T16:08:48Z
dc.date.issued2021-09-24
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107741
dc.description.abstractKemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) merupakan kemampuan berpikir yang tidak hanya mengahafal, tetapi mampu memahami makna yang terintegrasi dengan analisis, dan evaluasi lalu membuat kesimpulan dengan ide ide yang kreatif. Kemampuan berpikir tingkat tinggi signifikan dengan domain Kognitif Taksonomi Bloom revisi yaitu C4, C5, dan C6. Pembelajaran di sekolah dasar pada saat ini telah menerapkan pembelajaran yang berbasis HOTS dengan tujuan untuk dapat mencetak lulusan yang mampu berpikir kritis, teliti, logis dan inovatif. Evaluasi bidang pendidikan di dunia oleh PISA pada tahun 2018 dengan 79 negara partisipan yang termasuk Indonesia, menunjukkan bahwa hasil dari PISA 2018 keberadaan Indonesia berada pada tingkat 10 terbawah dalam tiga kategori PISA yaitu literasi, matematika, dan sains. Soal-soal pada PISA tergolong dalam soal HOTS yang berpedoman pada Taksonomi Bloom Revisi. Oleh karena itu langkah yang perlu dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui pencapaian kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa menggunakan Taksonomi Bloom pada materi IPS kelas VI maka perlu diadakannya tes HOTS. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah dapat mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa menggunakan Taksonomi Bloom pada materi IPS kelas VI sekolah dasar di Kecamatan Glenmore Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 adapun tempat penelitiannya pada tiga sekolah di Kecamatan Glenmore Banyuwangi yaitu SDN 02 Sepanjang, SDN 03 Sepanjang dan SDN 01 Karangharjo dengan jumlah siswa keseluruhan 83 siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis dan wawancara. Instrumen tes mengacu pada penguasaan konsep dalam Taksonomi Bloom pada ranah C4 (menganalisis) dan C5 (mengevaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi IPS menggunakan Taksonomi Bloom termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan pemahaman dengan menggunakan Taksonomi Bloom menunjukkan SDN 02 Sepanjang memiliki tingkat (C4) menganalisis sebesar 51% kategori cukup, (C5) tingkat mengevaluasi 52% berkategori cukup dengan rata-rata persentase pemahaman menggunakan Taksonomi Bloom 51,5% dan berkategorikan cukup. SDN 03 Sepanjang memiliki tingkat (C4) menganalisis sebesar 55% kategori cukup, tingkat (C5) mengevaluasi 52% kategori cukup dan rata rata persentase pemahaman menggunakan Taksonomi Bloom 53,5% berkategorikan cukup. SDN 01 Karangharjo tingkat pemahaman (C4) menganalisis sebesar 61% kategori tinggi dan (C5) mengevaluasi 49% kategori cukup dengan rata-rata persentase pemahaman menggunakan Taksonomi Bloom sebesar 55% berkategorikan cukup. Pemahaman siswa kelas VI pada materi IPS dengan menggunakan indikator soal memperoleh rata-rata 54% hasil persentase pemahaman siswa pada materi IPS berkategorikan cukup. Persentase tiga sekolah pada pemahaman dengan menggunakan Taksonomi Bloom yaitu SDN 02 Sepanjang 51,5%, SDN 03 Sepanjang 53,5% dan SDN 01 Karangharjo 55%. Pemahaman siswa kelas VI pada materi IPS dengan menggunakan indikator soal memperoleh rata-rata 54% hasil persentase pemahaman siswa pada materi IPS berkategorikan cukup. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis HOTS di sekolah dasar kecamatan Glenmore masih belum dilaksanakan dengan baik. Adapun saran dari penelitian ini diharapkan penggunaan penilaian yang berbasis HOTS dapat membiasakan siswa dalam meningkatkan aspek kognitifnya dalam konteks menyelesaikan suatu masalah, sehingga prestasi, motivasi, dan sikap positif siswa dapat meningkat juga. Dengan demikian, dapat dijadikan upaya untuk mengatasi masalah kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang masih dalam kategori rendahen_US
dc.description.sponsorshipDrs. Nuriman, Ph.D (Dosen Pembimbing) Fitria Kurniasih, S.TP., M.A (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectTingkat Tinggi Siswaen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Menggunakan Taksonomi Bloom Pada Materi Ips Kelas VI Sekolah Dasar Di Kecamatan Glenmore Banyuwangien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record