ANALISIS LOYALITAS MEREK ( BRAND LOYALTY ) PRODUK ROKOK MEREK A MILD, CLAS MILD DAN LA LIGHT ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN ANGKATAN 2003-2006 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER )
Abstract
Loyalitas merek yang menjadi fokus dalam penelitian ini, penelitian yang
berjudul Analisis Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Produk Rokok Merek A Mild,
Clas Mild Dan LA Light(Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Jurusan Manajemen
Angkatan 2003-2006 Fakultas Ekonomi Universitas Jember) mempunyai tujuan
menganalisa indikator-indikator brand loyalty yaitu Switcher, Habitual Buyer,
Satisfied Buyer, Liking The Brand, dan Committed Buyer pada mahasiswa jurusan
manajemen angkatan 2003-2006 fakultas ekonomi universitas jember.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rata-rata
dan standar deviasi, brand switching pattern matrix, dan piramida brand loyalty.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif survey dimana obyek dari penelitian ini adalah mahasiswa fakultas
ekonomi jurusan manajemen angkatan 2003-2006 dengan menggunakan teknik
purposive sample.
Berdasarkan analisis brand loyalty, rokok A Mild, Clas Mild, dan LA
Light memiliki tingkat loyalitas yang kuat dengan bentuk piramida brand loyalty
yang mendekati piramida terbalik sempurna. Rokok A Mild mempunyai
konsumen paling banyak pada liking the brand dimana nilai tingkatan sebesar
80%. Rokok Clas Mild mempunyai konsumen paling banyak pada tingkat
satisfied buyer sebesar 73,3%. Rokok LA Light memiliki jumlah konsumen
terbesar pada tingkat Satisfied Buyer dan Liking The Brand, dimana nilai masing-
masing tingkatan sebesar 96%.Berdasarkan brand switching pattern matrix
analysis, rokok A Mild memiliki nilai tingkat kemungkinan perpindahan merek
yang besar yaitu 58,8%, sehingga pada masa yang akan datang ada kemungkinan
tingkat loyalitas merek produk ini menurun, sedangkan nilai ProT rokok Clas
Mild sebesar 69,3%, nilai ini menunjukkan pada masa yang akan datang ada
kemungkinan tingkat loyalitas merek pada rokok Clas Mild juga akan
menurun,sedangkan yang mempunyai tingkatan rendah untuk berpindah adalah
rokok LA Light yaitu sebesar 40,5% sehingga ada kemungkinan tingkat loyalitas
merek LA Light akan menguat apabila dibandingakan merek A Mild atau Clas
Mild.