• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesesuaian Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Siswa Kelas Iii Tema Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan Edisi Revisi Tahun 2018 Pada Permendikbud No 20 Tahun 2018

    Thumbnail
    View/Open
    KARINA AYU RATNASARI - 170210204127.pdf (1.349Mb)
    Date
    2021-09-02
    Author
    RATNASARI, Karina Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan karakter menjadi salah satu fokus utama dalam kurikulum 2013 terdapat pada aturan Permendikbud Nomor 2018. Berdasarkan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter atau yang sering disebut dengan PPK menyatakan bahwa gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui lima nilai karakter yang utama yakni nilai religius, gotong royong, nasionalis, mandiri dan integritas yang terintegrasi dalam kurikulum. Pada tahun 2017 di portal online harian kompas terdapat kasus siswa SD menjadi korban kekerasan oleh teman dan ketua kelasnya. Tanggal 6 Agustus 2020 saat melaksanakan program kerja (Proker) KK di Perumahan Kebonsari Indah Jember, masih terdapat nilai karakter yang kurang dimiliki oleh peserta didik di daerah tersebut karena peserta didik masih banyak yang tidak menghargai guru praktikan seperti tidak mendengarkan penjelasan dari pendidik, penggunaan bahasa yang kurang pantas di pakai oleh anak seusianya. Maka dari itu, agar peserta didik dapat menjalankan hidup dengan baik dan berhasil dalam mencapai cita-cita, pendidik harus bisa menanamkan nilai karakter yang positif kepada peserta didik, salah satunya dengan buku teks. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakah kesesuaian nilai pendidikan karakter dalam Buku Siswa Kelas III Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Edisi Revisi Tahun 2018 pada Permendikbud No 20 Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan teknis penelitianya menggunakan penelitian analisis isi (content analysis). Langkah – langkah penelitian yang dilaksanakan adalah sebagai berikut : (1) Pengumpulan data; (2) Penyajian data; (3) Reduksi Data; dan (4) Kesimpulan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107708
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository