dc.description.abstract | Nilai-nilai pendidikan karakter adalah nilai-nilai berbudaya yang sopan
dan santun untuk menjunjung tinggi persaudaraan yang kuat, toleransi antar
sesama dan saling menghormati. Karakter diajarkan sejak dini adalah kunci utama
membangun generasi muda untuk bangsa Indonesia. Pendidikan karakter
merupakan kegiatan bagi peserta didik untuk menumbuhkan dan mengembangkan
kepribadian yang unggul. Penanaman karakter pada peserta didik perlu cara
kreatif yang berhubungan erat dengan dunia anak, salah satunya melalui karya
sastra. Nilai-nilai karakter dapat ditemukan dalam sastra sebagai aktivitas
pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk membentuk karakter anak yaitu
melalui dongeng fabel. Dongeng fabel merupakan salah satu cerita fiksi yang
menceritakan kehidupan hewan yang memiliki sifat dan perilaku layaknya
manusia.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) apa sajakah nilai-nilai
pendidikan karakter pada dongeng fabel karya Novita Widyastuti?; dan (2)
bagaimanakah pemanfaatan dongeng fabel sebagai alternatif bahan ajar di SD?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan
karakter dalam dongeng fabel karya Novita Widyastuti dan pemanfaatan dongeng
fabel sebagai alternatif bahan ajar di SD.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dan
jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan berupa dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas
atas beberapa tahap yaitu, reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari 18
nilai-nilai pendidikan karakter, yang ditemukan dalam buku yang berjudul
“Dongeng Teladan dari Dunia Binatang” karya Novita Widyastuti hanya 10 nilai pendidikan karakter yang meliputi: (1) jujur, (2) toleransi, (3) kerja keras, (4)
kreatif, (5) mandiri, (6) rasa ingin tahu, (7) cinta damai, (8) tanggung jawab, (9)
bersahabat/komunikatif, dan (10) peduli sosial.
Buku “Dongeng Teladan dari Dunia Binatang” dapat dimanfaatkan
sebagai alternatif bahan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada kelas 2.
Materi pembelajaran yang terkait dengan pemanfaatan dongeng fabel sesuai
kurikulum 2013 yang terdapat pada tema 7 subtema 1 KD 3.8 menggali informasi
dari dongeng (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan
tujuan untuk kesenangan dan KD 4.8 mencermati kembal teks dongeng binatang
(fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring
sebagai bentuk ungkapan diri. | en_US |