Show simple item record

dc.contributor.authorPURNAMASARI, Indah
dc.date.accessioned2022-06-27T15:58:17Z
dc.date.available2022-06-27T15:58:17Z
dc.date.issued2021-09-27
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107697
dc.description.abstractNilai-nilai pendidikan karakter adalah nilai-nilai berbudaya yang sopan dan santun untuk menjunjung tinggi persaudaraan yang kuat, toleransi antar sesama dan saling menghormati. Karakter diajarkan sejak dini adalah kunci utama membangun generasi muda untuk bangsa Indonesia. Pendidikan karakter merupakan kegiatan bagi peserta didik untuk menumbuhkan dan mengembangkan kepribadian yang unggul. Penanaman karakter pada peserta didik perlu cara kreatif yang berhubungan erat dengan dunia anak, salah satunya melalui karya sastra. Nilai-nilai karakter dapat ditemukan dalam sastra sebagai aktivitas pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk membentuk karakter anak yaitu melalui dongeng fabel. Dongeng fabel merupakan salah satu cerita fiksi yang menceritakan kehidupan hewan yang memiliki sifat dan perilaku layaknya manusia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) apa sajakah nilai-nilai pendidikan karakter pada dongeng fabel karya Novita Widyastuti?; dan (2) bagaimanakah pemanfaatan dongeng fabel sebagai alternatif bahan ajar di SD?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam dongeng fabel karya Novita Widyastuti dan pemanfaatan dongeng fabel sebagai alternatif bahan ajar di SD. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dan jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas atas beberapa tahap yaitu, reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari 18 nilai-nilai pendidikan karakter, yang ditemukan dalam buku yang berjudul “Dongeng Teladan dari Dunia Binatang” karya Novita Widyastuti hanya 10 nilai pendidikan karakter yang meliputi: (1) jujur, (2) toleransi, (3) kerja keras, (4) kreatif, (5) mandiri, (6) rasa ingin tahu, (7) cinta damai, (8) tanggung jawab, (9) bersahabat/komunikatif, dan (10) peduli sosial. Buku “Dongeng Teladan dari Dunia Binatang” dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada kelas 2. Materi pembelajaran yang terkait dengan pemanfaatan dongeng fabel sesuai kurikulum 2013 yang terdapat pada tema 7 subtema 1 KD 3.8 menggali informasi dari dongeng (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan dan KD 4.8 mencermati kembal teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri.en_US
dc.description.sponsorshipDra.Suhartiningsih, M.Pd. (Dosen Pembimbing) Zetti Finali S.Pd., M.Pd (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.titleNilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Dongeng Teladan dari Dunia Binatang Karya Novita Widyastuti Sebagai Alternatif Bahan Ajar Kelas II di Sekolah Dasaren_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record