RESPON KONSUMEN TERHADAP PAKAIAN BEKAS DI KAWASAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Peneliltian dengan judul “Respon Konsumen Terhadap Pakaian Bekas di
Kawasan Rambipuji Kabupaten Jember†ini bertujuan untuk mengetahui respon
konsumen terhadap pemasaran pakaian bekas di Kawasan Rambipuji Kabupaten
Jember.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian eksplorasi yaitu penelitian yang
dilakukan jika tidak banyak diketahui mengenai situasi yang dihadapi, atau tidak
ada informasi yang tersedia mengenai bagaimana masalah atau isu penelitian yang
mirip dilaksanakan. Penelitian ini dilakukan dengan cara mencari tentang gejala-
gejala terhadap suatu objek dengan cara mendeskripsikan, mencatat, menganalisis,
dan menginterprestasikan kondisi yang saat ini terjadi
Pemasaran pakaian bekas tersebut berkaitan dengan perilaku konsumen yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi ; Perilaku Konsumen Pra Pembelian,
Proses Pembelian, dan Pasca Pembelian yang telah dimodifikasi indikator-
indikatornya sesuai dengan kebutuhan penelitian. Adapun penelitian ini
menggunakan metode analisis deskriptif dengan alat bantu berupa tabel frekuensi.
Berdasarkan hasil analisis, diperoleh respon konsumen yang ditunjukkan oleh
besarnya prosentase pada tabel frekuensi. Besarnya prosentase untuk masing-
masing variabel yaitu Pada variabel Pra Pembelian menunjukkan respon yang
kurang baik atas penyampaian informasi pakaian bekas tersebut, secara rata-rata
31,2% konsumen menganggap variabel Proses Pembelian sudah baik, dan 44.4%
konsumen menganggap variabel pasca pembelian cukup baik.