Show simple item record

dc.contributor.authorMUSTIKA, Gati Dyah Ayu
dc.date.accessioned2022-06-27T15:53:59Z
dc.date.available2022-06-27T15:53:59Z
dc.date.issued2021-09-07
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107677
dc.description.abstractBauran pemasaran dilakukan untuk memenuhi permintaan yang konsumen inginkan dan butuhkan, dan penyedia barang atau jasa mendapatkan keuntungan. Berdasarkan studi pendahuluan didapatkan data jumlah kunjungan pasien lama rawat jalan tahun 2019 sebanyak 36.879 pasien dan pasien umum di instalasi rawat jalan sebanyak 10.530 pasien. Jumlah kunjungan mengalami perubahan fluktuatif di setiap triwulannya. Selain itu, berdasarkan survey kepuasan masyarakat yang dilakukan oleh peneliti didapatkan hasil yakni sebanyak 65% menyatakan kurang puas dan 35% menyatakan sudah puas. Berdasarkan jumlah kunjungan rawat jalan masih terdapat 23,5% pasien umum yang memanfaatkan pelayanan. Jumlah pasien umum yang cukup besar ini dapat dijadikan peluang Rumah Sakit sebagai mangsa pasar. Sebelum pasien memutuskan untuk memilih pelayanan kesehatan, maka akan melakukan tahapan pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan antara karakteristik individu dan persepsi bauran pemasaran dengan proses pengambilan keputusan memilih pelayanan rawat jalan RSUD Ngimbang Kabupaten Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan kepada pasien instalasi rawat jalan RSUD Ngimbang sebanyak 98 responden dengan menggunakan teknik sampling Systematic Random Sampling.Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah karakteristik individu (jeniskelamin, umur, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, dan penghasilan perbulan), bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik dan proses) dan proses keputusan memilih pelayanan rawat jalan.en_US
dc.description.sponsorshipEri Witcahyo, S.KM., M.Kes. (Dosen Pembimbing) Christyana Sandra,S.KM., M.Kes. (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Kesehatan Masyarakaten_US
dc.subjectIndividu dan Persepsi Bauran Pemasaranen_US
dc.titleHubungan Karakteristik Individu Dan Persepsi Bauran Pemasaran Dengan Proses Keputusan Memilih Pelayanan Rawat Jalan DI Rsud Ngimbang Kabupaten Lamonganen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record